Kesempatan Emas Menjadi Penulis

 

Kwikku adalah platform Webtoon, novel dan script film asal Indonesia yang sedang diminati oleh para pembaca konten cerita fiksi online. Kendati demikian, Kwikku mendefinisikan dirinya sebagai platform jejaring sosial.

Menurut informasi yang dilansir dari berbagai media, CEO Kwikku Hamdi Musaad menjelaskan bahwa kwikku merupakan platform yang menyasar kaum millenial. Menurutnya, potensi millenial untuk membaca novel, webtoon sangat luar biasa, penulis kita bagus-bagus.

CEO Kwikku Hamdi Musaad

 

Kwikku Etalase B2B Untuk Penulis 

Platform buku bacaan memang tengah marak. Kwikku tentunya harus bersaing menghadapi para pesaing lainnya, misalnya Wattpad yang telah lebih dahulu merajai pasar, Webnovel, dreame, mangatoon, storial dan sebagainya.

Untuk menghadapi persaingan, Kwikku sering menggelar berbagai event kontes yang cukup menggugah kehadiran para penulis, yaitu mulai dari kontes menulis dengan angka fantastis 500 juta hingga kontes scripthunt yang mencari novel dan script (skenario film) untuk dibuat menjadi film.

 

Strar Scripthunt

 

Novel, Webtoon dan Sript Film Berkualitas 

Beberapa judul novel yang cukup menarik perhatian adalah Al Kahfi Land (Indra Wibawa), Sarandjana (Adam Wiradi Arif), Terbang ke dasar laut (Yesno Salto), Wellang (Hadis Mevlana), Happiness Cafe (Yan Arya), Rembulan Lela (Sonya Saxena), 16 KM (Risna Pramesti) dan sebagainya.

Menurut komentar para penulis Kwikku di beranda platform tresebut, saat ini audiens Kwikku masih lebih didominasi penulis, sehingga Kwikku lebih cocok digunakan penulis sebagai platform B2B, yaitu etalase agar karya dapat dilirik oleh penerbit mayor atau rumah produksi film. Para penulis Kwikku berharap Kwikku juga giat merangkul pembaca, misalnya promosi melalui media sosial, benefit khusus pembaca dan sebagainya.

Salah satu kelebihan Kwikku dibandingkan platform buku bacaan lainnya adalah proses kurasi untuk menghindari konten vulgar, menyinggung SARA, LGBT bahkan hingga penggunaan kalimat yang asal tulis. Hal ini tentu patut diberikan apresiasi, mengingat kebanyakan platform buku bacaan lainnya sangat longgar pada hal-hal tersebut.

Para pembaca Kwikku juga menilai konten-konten pada Kwikku lebih berkualitas. Menurut mereka, kebanyakan konten pada platform lain tidak peduli pada penggunaan bahasa atau Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), menggunakan cover asal comot dari foto-foto selebriti drakor dan Kpop, tema cerita serupa pacaran atau menikah dengan CEO tampan dengan bumbu erotis.

Kebanyakan platform buku bacaan memang sangat mengejar kuantitas pembaca, kebetulan hal-hal yang dihindari Kwikku justru memenuhi selera mayoritas pasar pembaca buku online. Bahkan beberapa platform buku bacaan memberikan iming-iming semacam gaji untuk penulis berdasarkan jumlah kata dan keharusan menulis rutin setiap hari. 

Konten Kwikku

 

Trendingbisnis.com - Media Bisnis Online 


Temukan di Google Play Book Buku Penting Untuk Semua Pebisnis

Era Bisnis Online - Anak Muda vs Raksasa Bisnis

Media Islam Inspiratif

Sajadalife.com