Internet awalnya diciptakan untuk kebutuhan militer, yaitu dalam proyek ARPANET yang diserahkan pada Leonard Kleinrock dan didanai oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Proyek ini bertujuan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, caranya dengan menghubungkan komputer-komputer dari berbagai lokasi, sehingga bila terjadi serangan nuklir maka informasi tetap bisa diakses dari lokasi yang tidak terkena serangan

 

Mengenal Internett

 

Pengertian Internet

Internet adalah interconnection-networking, yaitu seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

 

Sejarah Internet 

Telegraf elektrik yang ditemukan oleh Samuel Morse di tahun 1830, memiliki konsep kerja yang sering dianggap sebagai cikal bakal internet. Telegraf merupakan alat komunikasi berbasis kode morse untuk pengiriman data melalui media elektromagnetik, yaitu melalui radio dan kabel.

Pada tahun 1960, J. C. R. Licklider memperkenalkan istilah "Man Computer Symbiosis" dalam karya ilmiahnya yaitu jaringan yang terkoneksi satu sama lain melalui pita komunikasi lebar yang berfungsi sebagai perpustakaan dan dilengkapi dengan teknologi penyimpanan dan pencarian informasi.

Licklider dan Welden Clark kemudian menerbitkan karya lainnya berjudul "On Line Man Computer Communication", yaitu tentang bagaimana kehidupan manusia berubah dengan adanya jaringan komputer yang saling terhubung.

Di tahun 1962, Licklider ditawari DARPA menjadi direktur Information Processing Techniques Office (IPTO), divisi baru untuk membuat jaringan yang menghubungkan tiga komputer utama Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Licklider setuju, ia membuat tim kerja yang bernama "Members and Affiliates of the Intergalactic Computer Network" (Anggota dan Afiliasi Jaringan Komputer Antargalaksi). Sayangnya proyek tersebut tidak terwujud dan Licklider keluar dari IPTO pada tahun 1964, tetapi ide yang lahir dari karya ilmiahnya masih ingin diteruskan Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan membuat proyek ARPANET.

Kemudian ARPANET dan berbagai kelompok kerja ilmiah lainnya, masing-masing melakukan riset dan pengembangan sehingga lahirlah internet yang kita kenal saat ini.

baca juga Mengenal Jenis Website

 

ARPANET, Advanced Agency Projects Agency Network

  • Tahun 1961

Internet awalnya diciptakan untuk kebutuhan militer, yaitu dalam proyek ARPANET yang diserahkan pada Leonard Kleinrock dan didanai oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Proyek ini bertujuan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, caranya dengan menghubungkan komputer-komputer dari berbagai lokasi, sehingga bila terjadi serangan nuklir maka informasi tetap bisa diakses dari lokasi yang tidak terkena serangan

ARPANET melakukan uji coba dengan menghubungkan website-website di 4 kampus, yaitu Stanford Research Institute, University of California (UCLA), St. Barbara, dan University of Utah. Dalam uji coba ini kata “LOGIN” menjadi kata pertama yang berhasil dikirim melalui internet.

Ternyata kampus-kampus lain ikut bergabung dalam uji coba ini sehingga ARPANET kesulitan untuk mengaturnya, akhirnya proyek ini dipecah menjadi dua, yaitu MILNET untuk militer dan ARPANET untuk kampus.

 

  • Tahun 1972

Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.

 

  • Tahun 1973

Beberapa universitas di luar Amerika Serikat, yaitu University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia bergabung dengan ARPANET

 

BNN, Bolt Breanek dan Newman Inc

  • Tahun 1968

BBN memenangkan kontrak ARPANET

 

  • Tahun 1972

BBN berhasil membuat jaringan email.

 

  • Tahun, 1974

BNN membuat layanan paket data publik pertama yang bernama Telnet, ini adalah versi komersial dari ARPANET.

 

INGW, International Network Working Group.

  • Tahun 1972

INGW dibentuk, sebuah kelompok kerja untuk mengembangkan teknologi dan standar-standar jaringan komputer.

 

  • Tahun 1974

Anggota INWG, Vint Cerf dan Bob Kahn berhasil membuat standard Transmission Control Protocol (TCP) dan Domain Name System (DNS), yaitu edu, .gov, .com, .mil, .org, .net, dan .int. Penemuan ini membuat Vint Cerf dan Bob Kahn dijuluki sebagai ‘Bapak Internet’.

 

BITNET, Because It's Time Network

  • Tahun 1980

BITNET berhasil mengembangkan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP).

 

CSNET, Computer Science Network

  • Tahun 1980

Purdue University, University of Washington dan RAND Corporation membuat proyek gabungan bernama CSNET (Computer Science Network), mereka mengembangkan jaringan dan layanan e-mail yang tidak harus mengakses ARPANET. Proyek ini mendapat dukungan dari National Science Foundation (NSF).

 

Perkembangan internet tentunya berkaitan dengan perkembangan dunia komputer. Saat internet sedang mencari bentuk yang ideal, komputer juga sedang berproses melalui dua perusahaan yang sangat berpengaruh, yaitu Apple Computer, Inc (1977) dan Microsoft (1975), saat itu masing-masing perusahaan sedang mengembangkan personal computer (PC), yaitu komputer pribadi. Dua perusahaan tersebut ingin agar komputer tidak lagi sekedar untuk kebutuhan perusahaan, tapi ada di setiap rumah.

 Pada tahun 1984, Apple meluncurkan PC dengan operating system (OS), machintosh. Dan pada tahun 1985, Microsoft meluncurkan Windows, OS yang bisa dipakai oleh berbagai perusahaan produsen PC.

Produk masing-masing perusahaan ini nantinya akan mendongkrak perkembangan internet, karena para pengguna PC juga akan jadi pengguna internet.

 

Perkembangan Internet dari masa Ke Masa

Era 90-an

Sebelum era 90-an, sebenarnya internet telah bisa di konsumsi oleh masyarakat, tetapi belum banyak hal yang menarik bagi orang awam, karena selain jumlah website masih sedikit, internet masih jadi tempat uji coba orang-orang yang melek IT. 

Kemudian muncul lah website-website baru yang bukan untuk urusan akademis. Perusahaan-perusahaan komersil mulai mengenalkan diri di internet, situs-situs informasi dan hiburan mulai meramaikan internet. Akhirnya internet menjadi hal baru yang menarik untuk diakses masyarakat.

Para startup yang tentunya belum terlalu banyak, ingin mencari sesuatu yang dibutuhkan pengguna internet. Medan perang inovasi startup di era awal internet adalah membuat web browser. Produk pertama web browser dibuat pada tahun 1990, yaitu WorldWideWeb, lalu muncul Mosaic  di tahun 1993 dan Netscape di tahun 1994. Pada tahun 1995 Microsoft meluncurkan Internet Explorer yang dibonceng operating sistem Windows, itu merupakan jurus jitu Microsoft untuk melangkahi para pengembang web browser.

Yang menarik di era awal internet, saat bisnis online masih berkutat pada hal teknologi internet, tiba-tiba muncul Amazon sebagai toko buku online di tahun 1994 dan eBay sebagai toko barang lelang online di tahun 1995. Kehadiran mereka membuat e-commerce menjadi jenis bisnis online pembuka selain  hal teknologi, walaupun masa kejayaan e-commerce justru terjadi pada saat sekarang.

Kemudian di tahun 1995 hadirlah Yahoo!. Startup ini lah yang diangggap berhasil menggairahkan dunia internet dengan produk-produknya, diantaranya Yahoo! search engine (1995) dan Yahoo! mail (1997).

Tadinya Yahoo! hanyalah semacam bookmark, Jerry Yang dan David Filo, alumni Universitas Stanford mendapat tugas dari kampus untuk mengumpulkan daftar website dan mengelompokkannya. Bookmark tersebut menimbulkan ide untuk membuat search engine Yahoo!. Mereka kemudian membuat bookmark yang bisa diakses lewat internet bernama ‘Jerry and David’s Guide to World Wide Web’ lalu namanya diganti menjadi Yahoo!! singkatan dari ‘Yet Another Hierarchical Officious Oracle’.

Di tahun 1995 internet diramaikan pula oleh produk online chat milik mIRC, kemudian ICQ di tahun 1996. Tetapi setelah sempat booming, nanti keduanya akan menjadi redup dihajar Yahoo! Mesenger yang muncul di tahun 1999, tetapi pertarungan sengit online chat itu akan terjadi di era 2000-an.

Tahun 1998 Google muncul dengan produk andalan web seach engine yang membawa senjata dahsyat algoritma page rank, dan pertarungan sengit antara Yahoo! dan Google juga akan terjadi di era 2000-an.

Di tahun 1998 juga, muncul lah satu bentuk baru bisnis online lagi, yaitu fintech dengan kehadiran PayPal yang menawarkan layanan jasa pembayaran online.

 

Era 2000-an

Di tahun 2000, Counter Strike berhasil mencuri perhatian pengguna internet dengan produk game online. Para gamers yang biasa bermain game melalui perangkat yang tersambung dengan TV kini punya keasikan baru bermain game melalui internet, para gamers bisa bermain secara kelompok dan bisa mempunyai lawan antar lokasi, bahkan antar negara.

Pada tahun 2001 muncul iTunes membawa paket lengkap untuk penggemar musik, mulai dari player hingga toko online musik. Masih di tahun yang sama ensiklopedia online muncul bernama Wikipedia.

Pada tahun 2003 lahirlah media sosial yang sangat populer, yaitu Friendster, meskipun didahului oleh beberapa situs jejaring sosial kecil lainnya seperti SixDegrees (1997) dan Makeoutclub (1999), tapi Friendster lebih cepat meraih banyak pengguna dan menjadi sumber inspirasi yang melahirkan produk-produk media sosial terkenal di era berikutnya.

Membahas era 2000-an kita harus menyinggung tentang perangkat populer yang bernama PDA  (.Personal Digital Assistant), karena perangkat inilah yang dianggap pertama kali mengawinkan perangkat telepon genggam dengan komputer serta mengenalkan teknologi touchscreen, cikal bakal smartphone. Saat itu ertarungan menarik antara PDA adalah antara Palm OS (1996) dengan Pocket PC atau Windows Mobile (2000).

Gmail  hadir di tahun 2004 memperkuat persenjataan Google untuk malawan Yahoo! Sayangnya Yahoo! telah kehilangan kehebatannya dalam berinovasi, mereka lebih banyak melakukan sejumlah akuisisi produk-produk internet populer, tetapi gagal berkembang setelah dipegang Yahoo!. Sebaliknya Google melahirkan banyak produk-produk internet baru yang diminati pengguna internet. Masih di tahun 2004 Facebook muncul, nantinya akan menggantikan Friendster di perang media sosial.

Pada tahun 2005 Youtube hadir menawarkan platform video sharing. Pada tahun 2006 Youtube diakusisi Google, kemudian  Twitter dan Spotify muncul. Di tahun 2008 Google Play dan App Store muncul sebagai rumah dari berbagaimacam aplikasi telepon selular. Di tahun 2010 Instagram hadir dan  di tahun 2015 Joox hadir. 

 

baca juga Penjelasan Lengkap Tentang Bisnis OnlinePenjelasan Lengkap Tentang Startup

Trendingbisnis.com - Media Bisnis Online  


AudioBook - Novel Al Kahfi Land

Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Menyusuri Waktu 

Temukan di Google Play Book Buku Penting Untuk Semua Pebisnis

Era Bisnis Online - Anak Muda vs Raksasa Bisnis

Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Dua Sisi 2040 

Media Islam Inspiratif

Sajadalife.com