Pengembang Teknologi Aplikasi Online adalah bisnis membuat produk IT yang berkaitan dengan internet, apa saja itu?

Pengembang Teknologi Aplikasi Online 

 

Pengembang Teknologi Aplikasi Online adalah bisnis membuat produk IT yang berkaitan dengan internet, apa saja itu?

Jenis Pengembang Teknologi Aplikasi Online

1. Web Browser

Web browser adalah aplikasi untuk mengakses website. Web Browser boleh dikatakan perang pertama dalam inovasi teknologi internet, pada saat awal internet mulai jadi konsumsi masyarakat umum karena Web Browser adalah software untuk mengakses website.

Web Browser berbeda dengan Search Enggine. Tanpa Search Enggine, kita harus menulis alamat website di Web Browser, misalnya ‘www.trendingbisnis.com’. Sementara pada search enggine, biasanya kita memasukkan kata-kata saja untuk mencari sesuatu di internet, misalnya ‘mengenal e-commerce’ dan mesin pencari akan memberikan berbagai pilihan situs website yang sesuai dengan kata-kata yang kita cari.

Di era 90-an Web Browser di kuasai default Web Browser (yang otomatis terisntall bersama operating sitem). Windows milik Microsoft membawa Internet Explorer (1995), Machintos atau Mac OS milik Apple membawa Netscape Navigator (1990-1997), Cyberdog(1996-1997) yang bukan milik Apple.
Para startup pengembang inovasi teknologi internet tentunya sulit menggeser default Web Browser milik dua raksasa PC itu. Kemudian di tahun 1997 ternyata Mac Os memilih Internet Expolrer untuk menggantikan Web Browser pendahulunya. Baru di tahun 2003 Mac OS memiliki Web Browser sendiri, yaitu Safari (2003).
Di tahun 2004 Mozilla Firefox berhasil menggeser dominasi Web Browser bawaan OS, tetapi sayangnya di tahun 2008 kehadiran Google Chrome gantian menggeser dominasi Mozilla Firefox. Hingga saat ini Google Chrome menjadi Web Browser pilihan utama 70% pengguna internet desktop dan laptop.

Contoh Platform Web Browser adalah :

Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari, Internet Explorer dan sebagainya.

 

2. Search Enggine

Search Enggine adalah aplikasi untuk untuk melakukan pencarian website. Apa bedanya antara Web Browser dengan Search Enggine? Pada Web Browser, pengguna harus mengetik alamat website untuk mengakses suatu website, misalnya www.trendingbisnis.com. Pada Search Enggine, pengguna mengetik keyword atau kata kunci, misalnya ‘trending bisnis’, setelah itu Search Enggine atau mesin pencari akan memberikan hasil penelusuran berbagai website yang berkaitan dengan keyword atau search engine results pages (SERP).

Secara default atau standar, aplikasi Web Browser Google Chrome langsung menampilkan Google Search Enggine saaat pertama kali dibuka, kebanyakan aplikasi Web Browser lainnya pun lebih banyak yang langsung mengkaitkannya dengan Google Search Enggine, sehingga untuk menggunakan search engine selain milik Google, kita harus terlebih dahulu mengakses website search enggine trersebut dahulu.

Pertarungan Search Engine yang paling menarik adalah antara Yahoo! dengan Google. Walaupun Yahoo! (1995) pernah jadi yang terbesar di zamannya, tetapi Search Engine sebenarnya hanya sebuah web direktori yang besar karena tidak punya algoritma page rank.
Google (1998) tiba-tiba menantang dengan senjata algoritma page rank, dimana semua website akan ditelusuri oleh robot dan diurutkan berdasarkan penilaian algoritma.
Hingga kini belum ada startup yang bisa menggeser dominasi Search Engine Google, apalagi produk-produk Google lainnya semakin memperkuat eksistensinya mesin pencarinya, seperti Google Chrome, Google Voice, Google Map, Google Translate dan sebagainya.

Contoh Platform Web Browser adalah :

Google, Yahoo, Bing, Aol, Baidu, MSN, Aol, Yandex, Ask, dan sebagainya.

 

3. Online Chat

Online Chat adalah aplikasi untuk percakapan langsung berbasis teks antara pengguna internet. Awalnya Online Chat hanya memfasilitasi percakapan teks untuk dua orang, kemudian Online Chat berkembang menjadi sarana percakapan banyak orang, yaitu group dan conference. Dari teks ke audio dan video. Dari komputer ke smartphone.

Pada tahun 1995 kehadiran mIRC membuat para anak muda mulai keranjingan chatting. Kemudian di tahun 1996 ICQ hadir menyaingi mIRC, tapi sayangnya pada tahun 1998 ICQ diakuisisi oleh AOL. Pada tahun 1998 Yahoo! meluncurkan Yahoo Pager, yang di tahun 1999 namanya dirubah menjadi Yahoo Messenger. Kehadiran Yahoo Messenger langsung mendominasi Online Chat, termasuk mengalahkan penantangnya MSN Messenger (Windows Live Messenger) yang muncul di tahun yang sama. Di tahun 2003 Skype hadir dengan senjata fitur video chat dan voice call, serta mampu melibatkan banyak orang (conference). Skype lahir dari perusahaan telekomunikasi, walaupun canggih tetapi belum bisa mendominasi Online Chat. Rupanya kultur chatting adalah percakapan lewat teks, dan ini masih paling digemari hingga sekarang. Justru yang berhasil mendominasi di beberapa negara adalah BBM (BlackBerry Messenger) yang muncul pada tahun 2005. Kehadiran BBM nantinya membuat banyak perubahan di dunia telekomunikasi dan internet, yaitu SMS tergeser oleh messenger, chatting melalui komputer tergantikan oleh smartphone. Masih di tahun 2005 Google menghadirkan Gtalk, tetapi kehadiran produk Google kali ini ditanggapi sepi, karena Blackberry dengan BBM-nya telah membuat dunia menatap era smartphone. Sayangnya BBM hanya menjadi jembatan, setelah membuat shifting, jutsru WhatsApp (2009) lah yang menikmati hasilnya. Blackberry terlalu lama menjadikan BBM ekslusif hanya untuk penggunanya. Tiba-tiba Android membuat disruption, ia membuat semua telepon genggam menjadi pintar dan membonceng WhatsApp untuk menghajar BBM. Di era smartphone muncul Kakao Talk (2010) dari Korea Selatan, Line (2011) dari Jepang, WeChat (2011) dari China, Snapchat (2011) dari Amerika Serikat dan sebagainya, tetapi pamornya belum mampu menggeser dominasi WhatsApp hingga kini.

Contoh Platform Online Chat adalah :

WhatsApp, WeChat, Skype, Facebook Messenger, dan sebagainya.

 

4. Media Sosial

Media Sosial adalah aplikasi untuk membangun jejaring sosial, masing-masing platform memiliki keunggulan berbeda untuk menjangkau pasar pengguna yang punya kebutuhan berbeda pula.

Anda tahu Friendster?

Jika tahu berarti anda adalah mantan anak muda di tahun 2003. Di tahun tersebut, munculah Media Sosial yang sangat populer bernama Friendster.

Meskipun didahului oleh beberapa situs jejaring sosial kecil lainnya seperti SixDegrees (1997) dan Makeoutclub (1999), tapi Friendster lebih cepat meraih banyak pengguna dan menjadi sumber inspirasi yang melahirkan produk-produk media sosial terkenal di era berikutnya. Bahkan Google sempat menawarkan USD 30 juta untuk membeli Friendster pada tahun 2003.

Sayangnya zaman keemasan Friendster tidak terlalu lama, di tahun 2004 Facebook muncul, yang nantinya akan menggeser Friendsster sebagai penguasa Media Sosial.

Di tahun 2006 Twitter hadir. Kehadirannya walaupun disambut hangat tetapi tidak mengganggu Facebook. karena pengguna membutuhkan keduanya untuk kebutuhan yang berbeda. Di Facebook, pengguna lebih sering memanfaatkannya untuk mengumpulkan teman-teman lama (friend), sedangkan di Twitter pengguna sering memanfaatkannya untuk mengumpulkan pengikut (follower). Begitu pula saat Instagram hadir di tahun 2010, Instagram walau sekilas tampaknya head to head dengan Twitter dan sama-sama sering digunakan untuk mengumpulkan pengikut, tetapi karakter pengguna utamanya berbeda. Orang-orang yang lebih suka menyampaikan ekspresinya dengan kalimat pendek yang maknanya dalam seperti para politikus, pengamat, motivator, dan sebagainya lebih menyukai Twitter, sementara orang-orang yang lebih suka menyampaikan ekspresinya melalui foto seperti artis, traveler, fotografer, dan sebagainya lebih menyukai Instagram.

Contoh Platform Media Sosial adalah :

Facebook, Instagram, Twitter, Linkedin, WhatsApp Group dan sebagainya.

 

5. Video Sharing

Video Sharing adalah aplikasi untuk mengunggah video. Saat ini paltform video sharing YouTube bukan lagi sekedar aplikasi untuk mengunggah video, para pengguna atau pemilik channel telah menjadikannya sebagai media yang berbentuk video.

Contoh Platform Video Sharing adalah :

Youtube, Vimeo, Daily Motion, Twitch, Liveleak, Veoh, Break, Metacafe, dan sebagainya.

 

 

6. Audio Sharing

Audio Sharing adalah aplikasi untuk mengunggah Audio. Platform audio sharing banyak digunakan oleh para musisi untuk sekedar memamerkan karya hingga untuk mendapat penghasilan. Selain digunakan oleh para musisi, Platform audio sharing juga digunakan sebagai media yang  berbentuk audio seperti radio yang disebut Audio Podcast.

Contoh Platform Audio Sharing adalah :

iTunes, Spotify, Joox, Deezer, SoundCloud, dan sebagainya.

 

7. Game Online

Game Online adalah aplikasi untuk bermain game di internet. Salah satu kelebihan Game Online adalah para gamers bisa bermain secara kelompok dengan mudah, hanya menggunakan perangkat ponsel.

Contoh Platform Game Online adalah :

Mobile Legend, PUBG, League Of Legends, Minecraft, Dota, Slither io, dan sebaginya.  

 

Masih sangat banyak jenis Bisnis Online Pengembang Teknologi Aplikasi Online, seperti tutorial, kamus, buku, template dan sebagainya. 

Para pengembang teknologi aplikasi online biasanya meletakkan produk mereka di GooglePlay atau App Store.

 

Sumber Pendapatan Pengembang Teknologi Aplikasi Online 

aIklan

Sebagaimana bisnis online lainnya, Pengembang Teknologi Aplikasi Online yang memiliki jumlah pengunjung sangat banyak pasti berpotensi didekati pengiklan. Sumber pendapatan iklan Pengembang Teknologi Aplikasi Online adalah Google Adsense, Biro Iklan atau langsung dari Brand.

 

b. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah program kerjasama pemasaran produk. Prinsipnya sama saja dengan iklan. Bedanya program ini bukan ditawarkan Google dan hanya menawarkan jenis iklan CPA (cost per action), media hanya dibayar saat iklan berhasil membuahkan pembelian produk, dengan perhitungan fix rate atau persent dari harga produk.

 

cPaywall (Berlangganan)

Paywall adalah membatasi akses audiens terhadap aplikasi, audiens hanya bisa menikmati aplikasi utuh jika mendaftar untuk jadi pelanggan berbayar.

Tentu saja, selagi ada pilihan lain yang gratis, kenapa audiens harus membayar? Paywall hanya bisa dilakukan jika pengembang benar-benar yakin bahwa aplikasinya sangat penting atau sangat diminati dan cuma media tersebut satu-satunya yang memiliki konten tersebut.

 

d. Services

Pengembang Teknologi  bisa mendapat penghasilan membuat aplikasi berdasarkan pesanan perusahaan.

 

baca juga Penjelasan Lengkap Tentang Bisnis OnlinePenjelasan Lengkap Tentang Startup

Sumber Referensi Artikel, Buku Era Bisnis Online  

Trendingbisnis.com - Media Bisnis Online  


AudioBook - Novel Al Kahfi Land

Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Menyusuri Waktu 

Temukan di Google Play Book Buku Penting Untuk Semua Pebisnis

Era Bisnis Online - Anak Muda vs Raksasa Bisnis

Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Dua Sisi 2040 

Media Islam Inspiratif

Sajadalife.com