Uber Technologies, Inc., yang biasa kita kenal sebagai Uber adalah perusahaan ride-hailing (pemesanan kendaraan melalui aplikasi) pertama di dunia yang banyak mengilhami perusahaan sejenis seperti Gojek dan Grab.  

Uber 

Uber Technologies, Inc., yang biasa kita kenal sebagai Uber adalah perusahaan ride-hailing (pemesanan kendaraan melalui aplikasi) pertama di dunia yang banyak mengilhami perusahaan sejenis seperti Gojek dan Grab.

Perusahaan dari Amerika Serikat yang berbasis di San Francisco ini menawarkan layanan mengantar penumpang dan makanan dengan kendaraan mobil, sepeda listrik atau skuter. Uber telah beroperasi di lebih dari 785 wilayah metropolitan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia sebelum mereka menutup layanannya di sini.

 

 

Sumber gambar, uber.com 

 

Sejarah Singkat Uber

 

Uber didirikan pada 2009 oleh Garrett Camp, seorang programmer komputer dan Travis Kalanick, dengan nama UberCab. Camp menemukan ide membuat Uber, pada saat malam tahun baru, setelah ia dan teman-temannya menghabiskan USD 800 untuk menyewa sopir pribadi, yang menurutnya mahal, ia ingin mencari cara mengurangi biaya transportasi langsung.

Akhirnya Camp menemukan ide, yaitu sharing dengan orang lain. Camp mengajak teman-temannya, Kalanick, Oscar Salazar dan Conrad Whelan, untuk membuat prototype Uber. Setelah peluncuran versi beta pada tahun 2010, layanan dan aplikasi seluler Uber resmi diluncurkan di San Francisco pada 2011, tetapi aplikasi buatan mereka hanya untuk memesan mobil mewah hitam dan ongkosnya mencapai 1,5 kali lipat dari taksi.

Pada tahun 2011, Camp mengubah nama UberCab menjadi Uber karena banyak menerima protes dari operator taksi San Francisco. Lalu di tahun 2012, Uber X diluncurkan, aplikasi yang dapat memesan taksi reguler dan pengemudi Uber, kali ini Uber bukan hanya untuk memesan mobil mewah hitam.

Pada Agustus 2014, Uber meluncurkan Uber Eats, layanan pengiriman makanan dan UberPOOL, layanan carpooling, di Wilayah Teluk San Francisco. kemudian diluncurkan di kota-kota lain di seluruh dunia, China (2015), Inggris (2015), India (2016), Singapura (2016), Australia (2018), Rusia (2018), dan sebagainya. 

 

baca juga Penjelasan Lengkap Tentang StartupPenjelasan Lengkap Tentang E Commerce

Sumber Referensi Artikel, Buku Era Bisnis Online 

 

Trendingbisnis.com - Media Bisnis Online  


AudioBook - Novel Al Kahfi Land

Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Menyusuri Waktu 

Temukan di Google Play Book Buku Penting Untuk Semua Pebisnis

Era Bisnis Online - Anak Muda vs Raksasa Bisnis

Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Dua Sisi 2040 

Media Islam Inspiratif

Sajadalife.com