Startup adalah sebuah perusahaan rintisan atau perusahaan yang belum lama beroperasi, jumlah pegawainya masih sedikit dan pendapatannya juga masih kecil. Tetapi pengertian tersebut telah bergeser, saat ini istilah ‘startup’ lebih sering diartikan sebagai perusahaan yang berkaitan dengan dunia teknologi informasi (IT) khususnya di bidang online atau internet, yang memulai bisnisnya dari bawah, jadi istilah ‘startup’ tidak lagi bicara tentang perusahaan yang umurnya masih baru.  

Startup Berskala Internasional 

 

1. Alibaba Group.

Alibaba Group adalah induk perusahaan dari e commerce marketplace fenomenal Alibaba.com serta e commerce lainnya seperti cainiao, alipay, aliexpress dan sebagainya. Alibaba didirikan oleh Jack Ma pada tahun 1999 di China. Produk pertama Alibaba Group adalah Alibaba.com yang bergerak dalam bidang marketplace perdagangan grosir berskala internasional.

baca juga Alibaba Group

sumber gambar alibabagroup

 

2. Amazon

Amazon adalah e commerce online shop yang telah menjadi e commerce marketplace. Didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994 di Amerika Serikat. Amazon dianggap sebagai e commerce paling pertama di dunia atau yang pertama kali mempopulerkan belanja online yang telah membuat disrupsi perusahaan-perusahaan raksasa.

baca juga Amazon

sumber gambar amazon

 

3. Ebay

eBay adalah marketplace unik, yaitu berbayar untuk penjual (setelah gratis menjual beberapa barang) dan menggunakan sistem lelang. eBay didirikan oleh Pierre Omidyar pada tahun 1995 di Amerika Serikat. eBay memang unik, bahkan banyak barang yang tidak biasa telah terjual di eBay,termasuk landak laut Coelopleurus exquisitus.

sumber gambar ebay

 

4. JD

JD.atau Jingdong yang sebelumnya bernama 360buy adalah perusahaan e-commerce dari China yang didirikan oleh Liu Qiangdong di tahun 1998. JD merupakan saingan utama Alibaba Group di China. 20% saham JD merupakan milik Tencent.

sumber gambar jd

 

5. Uber

Uber adalah e commerce rail hailing pertama di dunia. Didirikan oleh Garrett Camp di Amerika Serikat tahun 2009. Uber banyak menginspirasi para startup lainnya di berbagai negara, seprti Grab dan Gojek. Uber telah beroperasi di lebih dari 785 wilayah metropolitan di seluruh dunia.

baca juga Uber

sumber gambar uber

 

 

6. Rocket Internet

Rocket Internet adalah induk perusahaan yang banyak melahirkan berbagai e-commerce terkenal seperti Lazada (sebelum diakuisisi Alibaba Group) Zalora, Carmudi, Lamudi dan sebagainya. Rocket Internet didirikan di Jerman oleh Marc, Oliver dan Alexander Samwer di tahun 2007.

baca juga Rocket Internet

sumber gambar rocket internet

 

7. Airbnb

Airbnb adalah e commerce marketplace untuk mempertemukan pemilik rumah menganggur dengan orang yang mencari tempat menginap selain hotel. Didirikan oleh Brian Chesky and Joe Gebbia di Amerika Serikat di tahun 2008.

sumber gambar airbnb

 

baca juga Penjelasan Lengkap Tentang Startup

 Sumber Referensi Artikel, Buku Era Bisnis Online 

Trendingbisnis.com - Media Bisnis Online  


AudioBook - Novel Al Kahfi Land

Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Menyusuri Waktu 

Temukan di Google Play Book Buku Penting Untuk Semua Pebisnis

Era Bisnis Online - Anak Muda vs Raksasa Bisnis

Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Dua Sisi 2040 

Media Islam Inspiratif

Sajadalife.com