Startup adalah sebuah perusahaan rintisan atau perusahaan yang belum lama beroperasi, jumlah pegawainya masih sedikit dan pendapatannya juga masih kecil. Tetapi pengertian tersebut telah bergeser, saat ini istilah ‘startup’ lebih sering diartikan sebagai perusahaan yang berkaitan dengan dunia teknologi informasi (IT) khususnya di bidang online atau internet, yang memulai bisnisnya dari bawah, jadi istilah ‘startup’ tidak lagi bicara tentang perusahaan yang umurnya masih baru.  

Penjelasan Lengkap Tentang Startup 

Definisi Startup

Startup adalah sebuah perusahaan rintisan atau perusahaan yang belum lama beroperasi, jumlah pegawainya masih sedikit dan pendapatannya juga masih kecil. Tetapi pengertian tersebut telah bergeser, saat ini istilah ‘startup’ lebih sering diartikan sebagai perusahaan yang berkaitan dengan dunia teknologi informasi (IT) khususnya di bidang online atau internet, yang memulai bisnisnya dari bawah, jadi istilah ‘startup’ tidak lagi bicara tentang perusahaan yang umurnya masih baru. 

Bisnis para startup ini merupakan bagian dari e bisnis (e business) atau bisnis online. Apa bedanya antara istilah startup, e commerce dan e business atau bisnis online, dan IT? Istilah-istilah tersebut sangat sering terdengar saling tumpang tindih. 

Definisi Teknologi Informasi

IT adalah Information technology, yaitu teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.

Jadi, Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer seperti desktop, laptop, server dan sebagainya. Tetapi juga mencakup telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, hingga ponsel. Sebagaimana artikel yang diterbitkan dalam Harvard Business Review di tahun 1958, Leavitt dan Whisler menulis bahwa "teknologi baru belum memiliki nama akan Kita sebut 'teknologi informasi' (TI).

Tapi istilah IT lebih sering dianggap oleh masyarakat luas sebagai hal yang berhubungan dengan komputer saja.


Definisi E Business atau Bisnis Online

E Business (electronic Business) adalah segala kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis yang menggunakan sistem informasi komputer. Istilah yang pertama kali diperkenalkan oleh Lou Gerstner, seorang CEO perusahaan IBM.

Istilah E Business jarang terdengar, masyarakat luas lebih sering menyebut E Business dengan istilah populer E Commerce, padahal cakupan E Commerce hanya untuk hal perdagangan, sementara E Business mencakup semua urusan bisnis online, seperti informasi, hiburan, periklanan, keuangan, sosial dan sebagainya termasuk perdagangan.

Definisi E Commerce

E Commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik atau internet.

E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web, ada juga yang berpendapat e commerce muncul saat Amazon mengenalkan toko onlinenya di tahun yang sama.

Jadi istilah e commerce sebenarnya hanya menyangkut urusan perdagangan online walaupun bagi masyarakat e business (bisnis online) dengan e commerce sama saja.  

baca juga Penjelasan Lengkap Tentang E Commerce  

Tahapan Pendanaan Modal Startup

Perusahaan startup membutuhkan pendanaan atau modal untuk tumbuh berkembang menjadi besar dari investor. Pendanaan ini sangat penting, para pembuat startup biasanya memulai bisnis mereka hanya dengan bermodalkan ide dan inovasi yang butuh pendanaan besar untuk membuat produk mereka bisa digunakan oleh masyarakat luas. Tahapan pendanaan modal startup adalah sebagai berikut.

1. Bootstraping

Ini adalah tahapan awal para startup, yaitu sebuah kondisi saat mereka masih mengembangkan inovasi dengan modal sendiri. Pada tahapan ini para startup sedang membuktikan bahwa ide mereka dapat diwujudkan atau ditunjukkan walau masih dalam bentuk prototype, bukan lagi cuma sebuah konsep di atas kertas. Produk mereka kita sebut dengan istilah versi 1.0 atau beta. 

Startup sekelas Gojek di masa awal juga telah melewati masa ini. Awalnya Gojek tentunya belum memiliki aplikasi yang seperti sekarang, mereka menggunakan call center atau pemesanan manual melalui telepon. Tokopedia juga mengawali e commercenya dengan serba manual, sistem pembayaran dilakukan melalui transfer manual ke bank, begitu pula urusan logistic atau pengiriman, karena pada saat itu nama tokopedia belum dikenal oleh pihak bank dan logistik. 

2. Seed Funding

Setelah ide atau inovasi telah terwujud, saatnya para startup  berkonsentrasi pada urusan bisnis. Tahapan ini adalah pembuktian selanjutnya, apakah ide atau inovasi para startup yang telah mereka wujudkan itu dapat diterima oleh pasar? Jika mereka berhasil maka angka performa bisnis yang mereka hasilkan dapat menjadi modal penting untuk merangkul investor. Investor pada tahapan ini tentunya akan membuat produk para startup itu menjadi ideal saat diterima pasar dan membuat bisnis milik startup semakin berkembang. 

3. Pendanaan Seri ABC

Ini adalah tahapan yang membuat bisnis para startup menjadi bisnis raksasa. Setelah bisnis para startup berkembang, maka tak jarang justru mereka lah yang dicari oleh para venture capital atau modal ventura. Venture capital adalah lembaga atau perusahaan yang mampu menanamkan modal sangat besar, yang biasa disebut dengan pendanaan seri a, seri b, seri c dan seterusnya, investasi memang merupakan salah satu bisnis mereka.  

 

Perusahaan Modal Ventura Investor Startup

Tercatat ada beberapa lembaga atau perusahaan yang sering menanamkan modal untuk startup berskala internasional hingga startup dari Indonesia, yaitu :

1. Sequoia Capital

Sequoia Capital adalah perusahaan modal ventura Amerika. berfokus pada industri teknologi. Sequoia Capital telah berinvestasi di lebih dari 250 perusahaan sejak 1972. 

Beberapa startup yang mendapat suntikan dana dari Sequoia Capital adalah  Apple, Google, Oracle, PayPal, Youtube, Instagram, Yahoo!, Facebook, WhatsApp, Gojek, Tokopedia, Traveloka. 

2. SoftBank

SoftBank adalah perusahaan multinasional Jepang yang berkantor pusat di Tokyo. SoftBank masuk dalam daftar Forbes Global 2000 sebagai perusahaan publik terbesar ke-36 di dunia, dan perusahaan publik kedua terbesar di Jepang setelah Toyota. SoftBank didirikan pada 1981 bergerak di bidang distributor software. Nama “SoftBank” merujuk pada “a bank of software” lama-lama berkembang ke luar bisnis inti mereka. SoftBank tercatat telah melakukan 122 investasi dari 105 perusahaan yang berbeda. Selain itu, SoftBank juga melakukan akuisisi pada 19 perusahaan.

Beberapa startup yang mendapat suntikan dana dari Sequoia Capital adalah  Alibaba, Yahoo Jepang, Uber, Grab, Escrow, Tokopedia. 

3. East Ventures

East Ventures adalah perusahaan modal ventura asal Indonesia yang aktif berinvestasi sejak 2009, East Ventures merupakan salah satu investor tahap awal yang beroperasi paling lama di Asia Tenggara.

Beberapa startup yang mendapat suntikan dana dari East Ventures adalah  Tokopedia, Traveloka, CoHive, Ruang Guru. 

4. Gree Ventures

GREE Ventures. perusahaan permodalan asal Jepang. Di Indonesia GREE Ventures telah memiliki sejumlah portofolio, seperti BerryBenka, UrbanIndo, Bukalapak, dan AyoPop. 

 

Startup Penerima Modal Ventura

Baca selengkapnya Startup Penerima Modal Ventura

Startup penerima modal ventura memiliki istilah berdasarkan jumlah modal yang mereka terima, yaitu Unicorn, Decacorn dan Hectocorn. Berikut ini adalah siapa saja startup yang menerima modal ventura berdasarkan istilah tersebut.

1. Unicorn

Unicorn adalah perusahaan startup yang nilai kapitalisasinya (valuasi) lebih dari USD 1 miliar. 

Berikut ini adalah beberapa perusahaan startup dari Asia yang menyandang status unicorn tahun 2019 (sumber CBInsights) :

  • Tokopedia, valuasi USD7 miliar.
  • Traveloka, valuasi USD 2 miliar.
  • Bukalapak, valuasi USD 1 miliar.                                          

2. Decacorn

Decacorn adalah perusahaan startup yang nilai kapitalisasinya (valuasi) lebih dari USD 10 miliar.

Berikut ini adalah beberapa perusahaan startup dari Asia yang menyandang status Decacorn (sumber CBInsights)

  • Toutiao (Bytedance), TikTok,  valuasi USD 75 miliar.
  • Uber, valuasi USD 72 miliar.
  • Airbnb, valuasi USD 29.3 miliar.
  • GrabTaxi, valuasi USD 11 miliar
  • Gojek, valuasi USD10 miliar.  

sumber gambar : buku era bisnis online

 

sumber gambar : buku era bisnis online

 

 

sumber gambar : buku era bisnis online

 

Para Startup

Sebagaimana pembahasan di awal, bahwa pengertian tersebut telah bergeser, tidak lagi bicara tentang perusahaan yang umurnya masih baru, dan harus perusahaan yang berkaitan dengan dunia teknologi informasi (IT) khususnya di bidang online atau internet. Maka sekarang kita kenali apa saja perusahaan startup yang dianggap paling bersinar.  

 

Daftar Startup Berskala Internasional

baca selengkapnya Startup Berskala Internasional

 

1. Alibaba Group

baca selengkapnya Alibaba Group

Startup asal negeri tirai bamboo atau china ini dianggap startup paling bersinar di dunia. Pendirinya adalah Jack Ma. Ia mendirikannya di tahun 1999 sebagai perusahaan marketplace kelas grosir. Alibaba Group memiliki banyak anak perusahaan yang mendunia seperti

  • Alibaba
  • Aliexpress
  • Alipay
  • Cainiao

Dan sebagainya. 

 

sumber gambar : alibabagorup

  

2. Amazon

baca Selengkapnya Amazon

Startup ini berasal dari Amerika Serikat. Amazon dianggap sebagai pionir atau e commerce paling pertama di dunia. Amazon didirikan oleh Jeff Bezos tahun 1994, awalnya Amazon adalah toko buku online.

Amazon memiliki banyak produk mendunia, diantaranya :

  • Amazon
  • Amazon Prime
  • Alexa
  • Dan sebagainya. 

sumber gambar : amazon

 

3. Uber

baca selengkapnya Uber

Uber berasal dari Amerika Serikat, didirikan oleh Garrett Camp tahun 2009, Uber adalah e commerce pionir  dalam jenis rail hailing, yang idenya kini banyak diadopsi oleh startup-startup lainnya di berbagai negara.

sumber gambar : uber

  

4. Rocket Internet

baca selengkapnya Rocket Internet

Nama Rocket Internet mungkin kurang dikenal oleh orang awam, tetapi bagaimana dengan Lazada, Zalora, Carmudi atau Lamudi? Rocket Internet adalah induk perusahaan dari nama-nama terkenal tadi. Startup ini didirikan oleh Marc, Oliver dan Alexander Samwer di Jerman pada tahun 2007.

sumber gambar : rocket-internet

 

Daftar Startup Indonesia

baca selengkapnya Startup Indonesia

1. Gojek

baca selengkapnya Gojek

Startup asal negeri negeri sendiri ini didirikan oleh Nadiem Makarim di tahun 2010. Saat ini Gojek bukan lagi startup berskala nasional, Gojek telah melebarkan sayapnya di beberapa negara Asia Tenggara, seperti Thailand dan Vietnam serta sedang menjajaki kemungkinan di beberapa negara lainnya.

Pada awalnya Gojek adalah e-commerce ride-hailing, kini Gojek telah memiliki banyak produk yang sangat terkenal, seperti

  • Go Food
  • Go Pay
  • Dan sebagainya. 

Gojek adalah satu-satunya e commerce yang telah menyandang gelar decacorn di Indonesia. 

sumber gambar : gojek

 

2. Tokopedia

baca selengkapnya Tokopedia

Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tahun 2009. Tokopedia merupakan e-commerce marketplace pertama di Indonesia. Saat ini Tokopedia juga telah mengembangkan logistik sendiri, yaitu Sistem logistik dan fulfillment yang terintegrasi dengan gudang pintar yang berlokasi di seluruh Indonesia. 

sumber gambar : tokopedia

 

3. Bukalapak

baca selengkapnya Bukalapak

Bukalapak didirikan oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono dan Fajrin Rasyid pada tahun 2010.  E commerce marketplace ini merupakan saingan utama Tokopedia di Indonesia, keduanya menyandang status unicorn. 

sumber gambar : bukalapak

 

4. Traveloka

baca selengkapnya Traveloka

Traveloka didirikan oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang pada tahun 2012. Konsep awal Traveloka adalah  situs pembanding harga tiket pesawat. Dalam perkembangannya Traveloka berubah menjadi e commerce pemesanan tiket pesawat. 

sumber gambar : traveloka

 

Jenis Startup

1. Ride Hailing

Ride Hailing adalah startup yang bergerak di bidang teknologi aplikasi online untuk mempertemukan pemilik kendaraan yang menawarkan jasa antar-jemput dengan penumpang.  Ride Hailing dapat dikatakan juga sebagai marketplace khusus jasa antar-jemput penumpang. 

Contohnya :  Uber, Grab, Gojek, dan sebagainya. 

2. Marketplace

Marketplace adalah startup yang bergerak di bidang teknologi aplikasi online atau website untuk mempertemukan  supply (penawaran) dengan demand (permintaan), atau mempertemukan penjual produk atau penawar jasa dengan pembeli atau pemakai jasa, atau mempertemukan produsen dengan konsumen.

Contohnya :

  1. Marketplace Perdagangan : Alibaba, Ebay, Tokopedia, Bukalapak, Nulisbuku, dan sebagainya.
  2. Marketplace Jasa : Airbnb, fiver, Gobox, Snapask, dan sebagainya. 

3. Fintech

Fintech adalah startup yang bergerak di bidang teknologi aplikasi online atau website untuk jasa keuangan

Contohnya :  Alipay, Paypall, Ovo, Gopay, Paytren, dan sebagainya.

4. Online Shop

Online Shop adalah startup yang bergerak di bidang perdagangan melalui teknologi aplikasi online atau website. Perbedaan Online Shop dengan Marketplace Perdagangan adalah Online Shop menggunakan teknologinya untuk dipakai berdagang sendiri, bukan untuk memfasilitasi para pedagang.

Contohnya :  Zalora, Bhinneka, Hijup, Zilingo, dan sebagainya.

5. Classified

Classified adalah startup yang bergerak di bidang teknologi aplikasi online atau website untuk mempertemukan penjual dan pembeli. Classified atau iklan baris hampir mirip dengan Marketplace, bedanya startup Classified hanya memberikan wadah untuk informasi, mereka tidak terlibat dalam transaksi jual-beli yang dilakukan oleh penggunanya. 

6. Social Media

Social Media adalah startup yang bergerak di bidang teknologi aplikasi online atau website untuk mewadahi kebutuhan jejaring sosial.

Contohnya :  Tiktok, Pinterest, dan sebagainya. 

7. Online Game

Online Game adalah startup yang bergerak di bidang teknologi aplikasi online atau website untuk mewadahi kebutuhan bermain game.

Contohnya :  Mobile Legend, Pubg Mobile, dan sebagainya. 

Masih sangat banyak jenis startup, seperti logistik, media, edukasi dan sebagainya.  

Istilah startup memang agak rancu, walaupun tidak lagi disematkan pada perusahaan yang masih baru, istilah tetapi istilah startup juga tidak pernah disematkan pada perusahaan yang berkaitan dengan internet yang sudah sangat kita kenal seperti Google, Facebook dan sebaginya. 

 

baca juga Penjelasan Lengkap Tentang Bisnis Online 

Sumber Referensi Artikel, Buku Era Bisnis Online  

Trendingbisnis.com - Media Bisnis Online  


Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Menyusuri Waktu 

Temukan di Google Play Book Buku Penting Untuk Semua Pebisnis

Era Bisnis Online - Anak Muda vs Raksasa Bisnis

Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Dua Sisi 2040 

Media Islam Inspiratif

Sajadalife.com