Bagaimana cara buat website murah atau gratisan tetap terlihat profesional? Apakah Mungkin website yang murah atau gratisan terlihat profesional? Sebenarnya yang harus terlebih dahulu dipahami adalah pengunjung atau visitor tidak peduli tentang modal pembuatan website yang mereka kunjungi. Bagi mereka tidak penting, terserah pemilik webssite tersebut telah mengeluarkan modal besar untuk membangun website atau gratisan, yang penting website itu memiliki konten sesuai dengan apa yang mereka cari. Lalu pengunjung itu akan betah berlama-lama dan kembali lagi jika ternyata website tersebut memiliki uraian artikel-artikelnya jelas dan menarik, apalagi ditambah memiliki nilai estetika yang bagus.

Nah, artinya modal atau biaya bukanlah penentu utama untuk menarik pengunjung atau visitor. Tapi kita pasti masih berpendapat, yang bisa membuat website seperti itu tentu tenaga ahli yang bayarannya mahal. Pendapat itu tidak salah, tetapi jangan lupa yang mahal itu belum tentu selalu bagus.

Lalu mungkinkah kita yang tidak punya cukup modal atau keahlian khusus dapat buat website murah atau buat website gratisan? 

Kenapa tidak? Sangat mungkin! Tetapi artinya kita harus banyak mengeluarkan keringat untuk mewujudkan itu. Kita akan membahas satu persatu, apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat website gratis atau berbayar tapi murah, Nanti anda tentukan sendiri, mana yang lebih baik.

 

1. Mendaftar Domain Gratis atau Bayar?

Domain adalah nama unik untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Secara sederhana website kita akan berada di sebuah server yang membutuhkan alamat untuk dapat dikunjungi, nama tersebut tentu saja harus unik atau tidak sama, agar tidak tertukar antara satu dengan yang lain. Sebenarnya nama itu berbentuk angka atau sering juga disebut IP address, agar lebih mudah maka dibuatlah nama yang lebih mudah diingat.

Contohnya trendingbisnis.com.  Nama trendingbisnis merupakan nama pilihan yang dibuat oleh pemesan, sedangkan .com adalah pilihan sesuai standar yang telah ditentukan di dunia internasional.

  • .com adalah domain untuk website komersil.
  • .gov adalah domain untuk website milik pemerintah.
  • .edu adalah domain untuk website milik lembaga pendidikan.
  • .co.id adalah domain untuk website komersil wilayah Indonesia.
  • .go.id adalah domain untuk website milik pemerintah Indonesia.
  • Dan sebagainya.

Sayangnya untuk memiliki nama domain sendiri seperti trendingbisnis.com, anda harus bayar biaya parkir domain. Tapi tenang, biaya parkir domain pertahunnya tidak mahal, hanya sekitar Rp. 100.000 hingga Rp. 200.000. Bahkan lebih murah dari biaya parkir sepeda motor yang dihitung perjam.

Jika biaya ini masih terasa berat, anda masih punya kesempatan parkir gratis dengan cara menumpang pada platform blog yang nanti akan dijelaskan. Tapi nama domainnya mungkin akan jadi seperti ini, trendingbisnis.blogspot.com.

Sebaiknya untuk urusan domain, anda memilih untuk cara berbayar ketimbang gratisan. Alasannya adalah nama website anda terdengar lebih profesional dan yang tak kalah penting, Google SEO (search enggine optimization) lebih mendahulukan mengindeks atau memasukan web-web dengan domain milik sendiri ke dalam penelusuran keyword penting ketimbang web-web dengan domain menumpang melalui web hosting gratis.

 

2. Membuat Website Gratis atau Bayar?

Bagaimana cara buat website gratis? Setelah parkir domain atau kita ibarakan memiliki tanah, maka kita tinggal membangun rumah. Bedanya, di dunia maya banyak terdapat rumah-rumah yang bisa kita tempati secara gratis.

Rumah jelek ya? Siapa bilang? Platform Blog dan CMS memberikan banyak pilihan template web gratis yang bagus-bagus bahkan masih memungkinkan penggunanya untuk memodifikasi, tentu saja template andalan mereka yang lebih bagus disimpan untuk pengguna berbayar. 

a. Blog.

Saat ini banyak platform blog yang menawarkan web gratisan hingga berbayar yang siap pakai, yaitu  :

  • Wordpress

Wordpress merupakan platform blog yang sangat mudah digunakan, terdapat banyak pilihan desain template dan plug in, tapi beberapa fitur penting tentunya hanya bisa digunakan untuk pengguna berbayar. 

  • Blogger

Platform Blog milik Google tentunya dianggap lebih terintegrasi dengan berbagai produk google. Blogger juga sangat mudah digunakan dan memiliki banyak pilihan desain template dan plug in. Beberapa fitur penting juga hanya bisa digunakan untuk pengguna berbayar. 

  • Weebly

Weebly juga platform blog yang sangat mudah digunakan, modifikasi dapat dilakukan dengan cara drag dan drop. Tersedia berbagai fitur pengembangan seperti chat, akuntansi dan sebagainya. Beberapa fitur penting juga hanya bisa digunakan untuk pengguna berbayar. 

  • Wiks

Wiks tampak agresif menawarkan solusi untuk pengguna yang ingin memiliki website dengan tampilan yang bagus dan profesional. Wiks juga platform blog yang sangat mudah digunakan. Beberapa fitur penting juga hanya bisa digunakan untuk pengguna berbayar. 

  • dan sebagainya. 

Bagaimana caranya memakai platform-platform blog tersebut? Anda tinggal masuk ke salah satu website penyedia layanan blog tersebut, mendaftar dan pelajari cara menggunakannya dengan mencobanya langsung.

 

b. CMS (Conten Mangement System)

Mau yang lebih bagus dan gratis? Nah anda tentunya harus lebih berkeringat! Blog sudah sangat baik untuk digunakan pada situs-situs sederhana, jika ingin memiliki website yang lebih powerful, anda membutuhkan CMS.

Apa bedanya Blog dengan CMS? Hampir sama, bedanya ibarat anda yang punya hobi otomotif, jika anda selalu puas desain mobil atau motor keluaran pabrik, maka cukup gunakan Blog, tapi jika anda punya hobi modifikasi atau tukang ngoprek, maka anda akan lebih puas dengan CMS. Tapi ingat! Tentunya para tukang ngoprek, walau mereka tidak sehebat montir, tapi mereka tahu cara bongkar pasang, begitu pula soal CMS.

Kehadiran CMS sebenarnya merupakan solusi yang memudahkan para pembuat website agar tidak membangun website dari nol, pada perkembangannya CMS semakin memudahkan, bahkan membuat orang-orang yang tidak memiliki kemampuan programming dapat membangun website sendiri yang lebih kompleks ketimbang blog. Tentu saja karena lebih kompleks maka butuh kemampuan yang lebih kompleks pula.

Saat ini banyak platform CMS yang menawarkan web gratisan hingga berbayar yang siap pakai, yaitu : 

  • Joomla

Joomla merupakan CMS powerful yang memiliki banyak pilihan free template website, plugins dan modul yang sangat powerful. Joomla juga menawarkan berbagai opsi terkait pengelolaan atau manajemen user. 

  • Drupal

Drupal juga merupakan CMS powerful seperti Joomla. Drupal juga dianggap memiliki sistem keamanan yang lebih baik ketimbang CMS yang lain. 

  • Wordpress

Wordpres awalnya adalah platform blog, pada perkembangannya Wordpress juga menawarkan CMS untuk pengguna yang membutuhkan website yang lebih powerful.  

  • Magento

Magento dianggap sebagai CMS yang paling handal untuk urusan  website e-commerce atau onlineshop. 

  • Shopify

Shopify merupakan saingan Magento untuk membangun sebuah toko online. Salah satu kelebihannya Shopify dianggap lebih mudah digunakan oleh pemula. 

  • dan sebagainya.  

Untuk urusan desain website sesuaikan saja dengan kebutuhan dan tujuan anda saat membuat website. 

Ada jenis website yang tidak terlalu butuh desain website yang terlalu powerful, anda cukup gunakan platform blog gratisan, misalnya website dengan konten artikel, yaitu situs tutorial, resep masakan, berbagi cerita dan sebagainya. 

Tapi ada pula jenis website yang memang butuh fitur-fitur khusus seperti website toko online. Kalau anda ingin menghemat waktu, mau tak mau anda butuh dana untuk menyerahkan pekerjaan tersebut pada penyedia jasa profesional pembuat website. Tapi kalau dana adalah masalah besar, anda masih bisa melakukannya dengan mempelajari CMS.

 

3. Membuat Konten Website, Pilih Gratis atau Bayar?

Konten adalah bagian yang terpenting dari sebuah website. Ibarat di dunia nyata, setelah anda punya rumah yang bagus, tentu saja tidak ada gunanya jika isinya kosong.

Satu-satunya cara gratisan termudah mengisi website adalah cara illegal copy-paste konten dari website lain. Tapi maaf!  Website seperti ini akan dijauhi oleh algoritma mesin pencari Google atau Google SEO. 

Memiliki website yang kontennya tidak masuk dalam indeks penelusuran Google, sama saja seperti memiliki rumah di atas sebuah pulau di tengah samudera yang tidak akan dilewati atau dikunjungi siapapun kecuali pemilik rumah, satu-satunya orang  yang tahu keberadaan rumah tersebut. 

Maka tidak bisa dihindari, cara gratis untuk memliki konten adalah anda harus berkeringat mengisi konten website dengan karya orsinil berkualitas milik anda sendiri.

Memangnya ada konten berbayar? Tentunya ada, itulah sebabnya website-website bermodal besar yang menggaji banyak karyawan pembuat konten atau memakai penyedia layanan artikel berbayar agar website mereka memenuhi halaman pencarian google dan menjuarai ranking alexa. Bagaimana dengan kita yang senang gratisan karena tidak punya cukup modal?  Ayo kita keluarkan keringat lebih banyak dan putar otak.

 

baca juga Mengenal Jenis WebsitePenjelasan Lengkap Tentang Bisnis Online 

 Trendingbisnis.com - Media Bisnis Online 

 


AudioBook - Novel Al Kahfi Land

Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Menyusuri Waktu 

Temukan di Google Play Book Buku Penting Untuk Semua Pebisnis

Era Bisnis Online - Anak Muda vs Raksasa Bisnis

Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Dua Sisi 2040 

Media Islam Inspiratif

Sajadalife.com