Untuk yang punya kelebihan ilmu dan punya kemampuan mengajar, anda dapat berbagi dengan orang lain sekaligus mendapatkan uang. Bagaimana caranya?

Startup asal Hong Kong meluncurkan Snapask, aplikasi tutorial belajar untuk pelajar. Snapask, mengajak masyarakat umum untuk menjadi tutor yang bertugas membimbing pelajar dalam mengerjakan tugas-tugas atau pekerjaan rumah yang dirasa sulit. Tidak ada batasan usia untuk menjadi tutor, mahasiswa, guru atau siapa saja bisa mendaftarkan diri menjadi tutor dengan mengikuti ketentuan yang berlaku.

Saat ini Snapask baru membuka tutorial untuk mata pelajaran Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia.

Melalui aplikasi Snapask, pengguna bisa mendapatkan pengalaman belajar layaknya diajar oleh tutor pribadi. Secara sederhana aplikasi Snapask berguna untuk mempertemukan antara siswa yang mengalami kesulitan mengerjakan soal dengan tutor. Misalnya, Siswa yang memiliki kesulitan dalam belajar matematika akan dipertemukan dengan tutor yang mahir dalam bidang matematika. Tutor itu kemudian akan mengajarkan cara untuk menjawab soal yang dianggap sulit oleh siswa dalam sebuah ruang chat.

Snapask menawarkan penghasilan hingga Rp 10 juta untuk para tutor. Besar penghasilan para tutor tergantung dari seberapa sering menjawab pertanyaan dari pelajar, untuk yang tak terlalu aktif, tutor biasanya mendapatkan bayaran di bawah Rp 5 juta, kata Clement Tay, Head of South East Asia (SEA) Snapask.

Clement Tay menambahkan, pendapatan Snapask didapat dari para siswa atau pengguna. Pengguna bisa memilih metode pembayaran, yaitu pay as you go, setiap pengguna yang mengajukan pertanyaan langsung membayar biaya tutor atau berlangganan bulanan.

Dalam metode pay as you go, untuk satu soal, biasanya pengguna akan dikenai biaya mulai Rp 4-10 ribu dengan lama sesi maksimal 10 menit.

Untuk metode langganan bulanan, pembayarannya tergantung dari banyaknya pertanyaan. Misalnya untuk paket 50 soal siswa harus berlangganan sebesar Rp 475 ribu. Kemudian untuk paket 99 soal, siswa harus membayar sebesar Rp 890 ribu. Terakhir, paket unlimited di mana siswa bebas menanyakan pertanyaan sebanyak-banyaknya dengan biaya langganan Rp 990 ribu.

Indonesia dianggap berpotensi besar bagi perkembangan Snapask. Dalam enam bulan sudah ada 60.000 pelajar yang bergabung di aplikasi ini. Saat ini jumlah tutor dari Indonesia telah mencapai 4.000 orang, angka ini diharapkan terus bertambah seiring dengan banyaknya siswa yang menjadi pengguna aplikasi Snapask.

Selain di Indonesia, aplikasi Snapask juga hadir di berbagai negara Asia lainnya, seperti Hong Kong, Jepang, Korea, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Taiwan. Total pengguna Snapask di dunia kini mencapai 500 ribu pelajar. 

 

 Trendingbisnis.com - Media Bisnis Online 

 

 

 

 


AudioBook - Novel Al Kahfi Land

Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Menyusuri Waktu 

Temukan di Google Play Book Buku Penting Untuk Semua Pebisnis

Era Bisnis Online - Anak Muda vs Raksasa Bisnis

Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Dua Sisi 2040 

Media Islam Inspiratif

Sajadalife.com