Bisnis secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu kegiatan menjual barang atau memberikan jasa untuk mendapat keuntungan ekonomi. Kegiatan ini juga sering disebut dengan wiraswasta atau wirausaha.

Saat ini bisnis online atau kegiatan bisnis yang dilakukan melalui teknologi digital atau jaringan internet sedang menjadi trend bisnis. Istilah ini kini  sering disebut sebagai digital marketing

Bahkan bisnis online seringkali menghajar bisnis konvensional. Ini terjadi karena bisnis online memang mempunyai banyak keunggulan, diantaranya yaitu :


1. Tidak Membutuhkan Tempat Usaha Yang Besar.

Dalam skala bisnis kecil, bahkan tempat sama sekali tidak dibutuhkan. Seorang pebisnis online dapat menjalankan bisnisnya di kedai kopi, sambil bekerja di kantor hingga sambil menjalankan peran sebagai ibu rumah tangga.

Pebisnis online cukup menjual barang melalui perangkat sosial media atau mendaftarkan diri sebagai pedagang pada e-commerce marketplace seperti tokopedia, bukalapak dan sebagainya tanpa perlu punya gerai khusus untuk menanti pembeli.

Bahkan yang lebih canggih lagi, penjual barang tersebut bisa pula cukup menjadi makelar atau dropshipper, yaitu cukup memiliki foto, spesifikasi dari pemilik barang yang sesungguhnya, kemudian menjualnya dengan harga yang lebih tinggi untuk mendapat keuntungan.


2. Jangkauan Pasar Yang Sangat Luas

Dengan menjalankan bisnis online, maka jangkauan pasarnya adalah seluruh wilayah yang mampu mengakses toko online anda. Artinya kita memiliki target wilayah pasar di seluruh Indonesia yang memiliki akses internet.
Bahkan seluruh dunia, jika toko anda menggunakan Bahasa Inggris, yang merupakan salah satu bahasa standar internasional.

Tentu saja dalam praktek sesungguhnya, anda juga harus memiliki kemampuan khusus agar toko anda menjadi pilihan toko yang direkomendasikan oleh mesin pencari seperti Google, mengingat anda bukan satu-satunya toko online yang berdagang di dunia maya.

Tetapi hal ini tentu sudah sangat membantu jika dibandingkan anda memiliki gerai fisik, dimana target pasar anda hanyalah para pembeli yang bisa mampir secara fisik pula pada toko anda.


3. Tidak Membutuhkan Modal Yang Besar

Tentunya dengan menjalankan bisnis online, maka ada banyak pengeluaran yang bisa diminimalkan, seperti biaya sewa tempat, biaya listrik, pembelian etalase, dekorasi, cetak brosur hingga pungutan liar. 

Dengan berbagai keunggulan tersebut maka bisnis online menjadi trending bisnis yang kini sangat diminati. Terutama untuk mereka yang punya kendala modal. Tentu saja tidak semua jenis bisnis cocok untuk dijalankan secara online, salah satu contohnya adalah bisnis kuliner. Bisnis kuliner secara fisik masih lebih menguntungkan jika dibandingkan dilakukan secara online, mengingat orang tentu lebih suka makanan yang disajikan secara fresh.

Fasilitas online dalam bisnis kuliner saat ini lebih dimanfaatkan untuk melakukan pemesanan yang tentunya lokasinya tidak bisa terlalu jauh dari tempat membuatnya, kecuali jika yang dijual adalah makanan kering atau sekedar bahan makanan.

 


Tips Trending Bisnis Untuk Pedagang Online

Sebagaimana penjelasan diatas tadi, kini sedang ramai orang berjualan yang memanfaatkan media sosial hingga e-commerce marketplace untuk berdagang pakaian, sepatu, aksesoris, elektronik dan sebagainya.

 

 1   Melalui Media Sosial

Saat berdagang melalui media sosial, kuncinya adalah memperoleh sebanyak-banyaknya follower, kreatif dan aktif.

Jumlah follower akan menentukan besar-kecilnya target pasar anda. Kreativitas adalah hal yang membuat orang-orang yang menjadi target pasar anda mau menjadi follower anda dan frekuensi aktifitas anda akan membangun trust, dimana anda harus menjawab secara cepat, baik masalah pemesanan, pujian, komentar negatif, komplen dan sebagainya yang sering dijadikan sandaran informasi bagi konsumen untuk mengambil keputusan.

Saat ini media sosial yang menjadi senjata ampuh para pebisnis onlie adalah Facebook dan Instagram.

 

 2   Melalui E-commerce Marketplace C2C

Saat berdagang melalui e-commerce marketplace, anda seperti berdagang di Mall atau di pasar, dimana anda bukan satu-satunya pemilik toko. Pembeli sangat mudah membandingkan harga antar toko. Anda harus memliki harga yang kompetitif.

Setelah membandingkan harga, pembeli akan meencari penjelasan atau deskripsi barang yang paling informatif. Buatlah selengkap mungkin, seperti informasi mengenai material, ukuran, berat, warna, spesifikasi dan sebagainya.

Tampilkan foto-foto yang cukup bisa membuat seolah-olah pembeli dapat melihat barang secara langsung, bila memungkinkan tampilkan juga dalam bentuk video.

Dan yang tidak kalah penting adalah aktivitas anda. Ini juga akan membangun trust sebagaimana melalui media sosial. Pembeli akan melihat reputasi, komentar, pujian, komplen dan sebagainya untuk mengambil keputusan.

Anda dapat menjadi pedagang online e-commerce marketplace C2C melalui Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan sebagainya.


 3   Melalui Website Toko Online Sendiri

Memliki website sendiri tentunya anda tidak harus bersaing dengan pedagang-pedagang lain dalam satu wadah sebagaimana E-commerce Marketplace C2C yang bisa kita sebut Mall atau pasar. Karena milik sendiri, bentuk toko, jenis barang, pemilihan metode pembayaran hingga pengiriman tentunya semuanya terserah pemilik website tersebut. Hal ini akan membuat anda leluasa mengatur toko online anda sendiri.

Kunci keberhasilannya, tentunya setelah anda mampu membuat website toko online milik anda sendiri adalah website anda harus menjadi rekomendasi utama pada mesin pencari seperti google. Toko anda juga harus menjadi Brand pilihan konsumen. Artinya anda harus memiliki kemampuan membesarkan Brand.

Contoh website toko online seperti ini adalah Zalora untuk kategori toko online fashion, Hijup untuk kategori toko online fashion muslimah, Bhinneka untuk kategoti toko online elektronik dan sebagainya. 

 

TRENDINGBISNIS
Media Informasi dan Inspirasi Bisnis Online Indonesia


Podcast - Mengenal Jenis E Commerce

 

Top 10 Trending
Website

APRIL 2019

   
    IDN Rank
1 Tribunnews 2
2 Detik 4
3 Okezone 5
4 Tokopedia 6
5 Bukalapak 7
6 Sindonews 8
7 Kompas 9
8 Liputan6 11
9 Grid 13
10 Kumparan 15

 Sumber data Alexa

 

 

Top 10 Trending
Youtube Channel 

APRIL 2019

 

    Subscriber
1 Atta Halilintar 13,712,408
2 Ria Ricis 12,200,969
3 Calon Sarjana 8,688,391
4 GEN HALILINTAR 8,265,980
5 Rans Entertaiment 6,552,572
6 RadityaDika 6,524,959
7 Indosiar 6,334,429
8 The Shiny Peanut 6,104,781
9 TRANS7 OFFICIAL 5,741,184
10 YtCrash 5,659,114

 Sumber data Socialblade 

 

 

Top 10 Trending
Instagram Account

APRIL 2019

   
    Followers
1 ayutingting92 31.5M
2 raffinagita1717 29.5M
3 prillylatuconsina96 27.7M
4 princessyahrini 27.4M
5 laudyacynthiabella 25.7M
6 gisel_la 20.6M
7 raisa6690   20.5M
8 lunamaya  19.5M
9 jokowi 18.4M
10 inijedar 17.6M

Sumber data hypeauditor