Kesempatan Emas Menjadi Penulis


Bagi yang senang menulis, membuat buku merupakan impian. Apalagi jika buku kita terselip diantara deretan buku pada rak toko buku besar.

Jangankan buku kita bisa menjadi best seller, berhasil diterbitkan oleh perusahaan penerbit buku saja, kita tentunya senang, mengingat sulitnya lolos mencapai tahapan tersebut.

Selain karena kurangnya informasi kemana harus mengirim tulisan yang sudah dibuat, tentunya seandainya naskah tersebut berhasil sampai ke tangan penerbit, tidak serta-merta karya tulisan anda akan diterbitkan.

Penerbit akan mempertimbangkan banyak aspek, mulai dari pemakaian bahasa yang benar, nilai komersil, aman dari unsur SARA, hingga pemilihan target pembaca yang sesuai dengan target pasar perusahaan penerbit tersebut.

Padahal dari sisi penulis, terkadang mereka meyakini bahwa tulisan mereka akan disukai pembaca walau tulisan mereka tidak memenuhi syarat dari perspektif penerbit.

Bagaimana dengan kebutuhan pembaca? Maukah pembaca membaca buku yang sebenarnya tidak memenuhi standar kualifikasi yang biasa ditetapkan oleh penerbit.

Karakter pembaca pun pastinya bermacam-macam. Ada pembaca yang kritis terhadap bahasa, ada yang sangat memperhatikan kualitas cetakan dan kertasnya (umumnya pembaca tersebut juga sebagai kolektor buku) dan sebagainya, tetapi ada pula pembaca yang cukup puas dengan ide dan isi tulisan dari buku, tanpa memusingkan hal-hal lainnya.

 

 

Nulisbuku.com Adalah Marketplace Khusus Buku


Rupanya startup 'nulisbuku.com' membaca peluang dari belum terakomodirnya kebutuhan penulis yang kesulitan menemukan penerbit atau selalu tidak diloloskan penerbit dengan pembaca yang lebih mementingkan ide dan isi tulisan tadi.

Nulisbuku.com bisa dikategorikan sebagai marketplace khusus buku, dimana penulis (penjual) dan pembaca (pembeli) buku dapat bertemu disitu.

Walaupun melalui toko buku online tetapi buku yang ditawarkan Nulisbuku.com adalah buku fisik atau dicetak, bukan buku digital.

Hal ini dilakukan mengingat hingga saat ini para penggemar buku masih lebih suka membaca buku yang dicetak ketimbang digital, tidak seperti nasib tulisan untuk pembaca berita yang lebih suka membaca tulisan digital. Apalagi banyak pula penggemar buku yang suka mengkoleksi buku.

Nulisbuku.com juga memiliki sangat banyak koleksi buku, kategori buku yang ditawarkan kepada pembaca pun sangat lengkap. Diantaranya Novel, puisi, cerpen, bisnis, agama , politik, hukum dan sebagainya.

Hanya saja secara teknis online, terutama masalah bertransaksi, marketplace ini masih menggunakan metode manual. Tentu saja hal ini bukanlah masalah besar dan jangan dibandingkan dengan marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya, mengingat investasi startup baru apalagi dengan pasar segmented, tentunya semuanya sedang dalam tahap berproses. Terlepas dari masalah kemudahan transaksi dan kecepatan pengiriman, Nulisbuku.com tampil dengan sangat menarik dan jelas.

 

Bagaimana Cara Menerbitkan Tulisan Anda Menjadi Buku?

Penulis tidak dibebankan dengan persyaratan yang sulit. Cukup melakukan registrasi secara gratis, lalu mengunduh template naskah dan template cover.

Template naskah tersebut berformat Microsoft Word untuk memudahkan penulis mengikuti format standar buku dan memudahkan pula untuk menghitung biaya produksi buku nantinya. Sementara template cover berformat JPG dengan standar yang telah ditentukan oleh Nulisbuku.com.

Setelahnya tinggal mengunggah kembali naskah dan cover buku yang anda buat, kemudian mengikuti prosedur mengisi formulir yang berkaitan dengan informasi tentang buku, persyaratan tentang masalah hak cipta, bebas unsur SARA dan pembagian royalti penjualan.

Setelah itu buku anda akan dicetak berdasarkan permintaan pembeli buku (on demand).

Sangat mudah, Bukan?

 

TRENDINGBISNIS
Media Informasi dan Inspirasi Bisnis Online Indonesia
 


Band Indie Indonesia, Dialog Pagi meluncurkan single lagu Menyusuri Waktu

Novel Al Kahfi Land - Mencarimu Mengejar Waktu