Kehadiran Youtube TV Akan Meramaikan Persaingan Bisnis TV Berlangganan

Walau Youtube TV telah hadir sejak tahun 2017, tapi kehadirannya belum terlalu booming seperti platform berbagi video Youtube.com. Penyebabnya adalah layanan ini hingga saat ini (tahun 2019) hanya bisa diakses di Amerika Serikat. Kita sebagai penonton TV di Indonesia, hanya bisa mengintip untuk sekedar mencari tahu di tv.youtube.com.

Youtube TV adalah platform TV berlangganan (Pay TV). YouTube TV bisa bisa diakses dengan berbagai macam perangkat seperti smartphone, tablet, laptop, PC desktop dan televisi yang tentunya sudah terkoneksi ke internet. Harga berlangganannya dibandrol US$ 49.99 atau setara dengan Rp 700 ribu per bulan (kurs 14,070.50). Masih terhitung mahal jika saat ini sudah bisa di akses di Indonesia, dibandingkan harga dari penyelenggara TV berbayar di Indonesia, apalagi banyak diantaranya yang juga menjadikannya satu paket dengan berlangganan internet.

Pilihan channelnya lumayan banyak dan beragam, walau beberapa channel yang digandrungi oleh pengguna TV berlangganan di Indonesia, khususnya penikmat film belum ada, seperti HBO, Fox Movie dan sebagainya.

Saat ini kehadiran Youtube TV belum membawa dampak apa-apa di Indonesia, baik untuk penonton maupun dalam peta persaingan TV berlangganan. Tapi perlu dicermati sebagai sinyal awal, bahwa Youtube telah bermain di area TV Broadcasting sebagai penyelenggara TV berbayar. Seiring perkembangannya, bukan tidak mungkin nantinya Youtube TV juga hadir di berbagai negara.

 

 

TRENDINGBISNIS
Media Informasi dan Inspirasi Bisnis Online Indonesia
 


Podcast - Mengenal Jenis E Commerce