Bisnis Online - E Commerce

Bab 2. Pilih Ikut atau Tumbang?

Jebakan Sukses (Success Trap)

Para incumbent tadinya juga merupakan para startup di zamannya, tetapi sayangnya setelah menjadi raksasa bisnis, mereka kehilangan gaya humble khas startup.

Saya tidak menganggap Buster Douglas sebagai tantangan. Saya bahkan tidak repot-repot menonton perkelahiannya di video. Saya dengan mudah mengalahkan semua orang yang telah menjatuhkannya.” Mike Tyson, thesun.co.uk

(Sumber Gambar, sfgate.com)

 

Dunia bisnis rupanya mirip seperti dunia tinju, tidak ada perusahaan yang terlalu besar untuk dijatuhkan, yang akan selamanya menjadi raja hanyalah konsumen atau pasar, kecuali negara mengizinkan sebuah perusahaan untuk bermain sendiri tanpa pesaing atau monopoli. Dalam kondisi persaingan pasar sempurna, pasar selalu bergerak sehingga perusahaan harus benar-benar mengamati dan mengikuti pergerakkan pasar, tidak peduli seberapa besarnya perusahaan tersebut.

Dulu tidak sulit mencari koran, setelah dibaca koran juga berguna untuk membungkus sesuatu bahkan untuk alas Sholat Jumat untuk jemaah ‘khusus’. Tiba-tiba Detik muncul, penggemar berita seperti mendapat durian runtuh, mereka tentu saja memilih media berita yang uptodate setiap saat dan gratis pula! (jika menggunakan internet wifi kantor). Akhirnya satu-persatu media cetak pamit pada pembaca, tragedi ini meninggalkan kesedihan bagi pedagang tradisional yang butuh kertas pembungkus dan duka bagi jemaah ‘khusus’ tadi. Apakah mungkin para pengelola bisnis media koran tidak tahu tentang internet?

Itu semua terjadi karena perusahaan terkena jebakan sukses, perusahaan mengira formula suksesnya bisa dipakai selama-lamanya. Setelah menjadi raksasa, kebanyakan perusahaan jadi buta dan tuli terhadap pasar, mereka lebih suka mendikte ketimbang mengikuti kemauan pasar, dan bangga diamati pesaing ketimbang mengamati pesaing.

Perusahaan pasti tahu ada teknologi bernama internet, tetapi perusahaan tidak pernah mengamati pasar yang mulai keranjingan internet. Bahkan mungkin saja orang-orang yang dianggap tidak penting oleh perusahaan baik dari dalam maupun dari luar telah menyampaikan bahwa di masa depan pasar akan beralih ke internet, tetapi memang tidak mudah bagi para underdog untuk bicara dengan perusahaan yang telah terkena penyakit ‘success trap’.

 

 

Dengan penjualan rata-rata 2.812.005 eksemplar setiap minggu, News of the World menyatakan diri sebagai koran berbahasa Inggris paling laris di dunia, tetapi akhirnya harus mengucapkan selamat tinggal kepada pembacanya.

(Sumber gambar, cbsnews.com)

 

Buku Bisnis Online - Ecommerce | Era Bisnis Online - Anak Muda vs Raksasa Bisnis (penulis, Indra Wibawa)

Trendingbisnis.com - Informasi Bisnis Online

 


AudioBook - Novel Al Kahfi Land

Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Menyusuri Waktu 

Temukan di Google Play Book Buku Penting Untuk Semua Pebisnis

Era Bisnis Online - Anak Muda vs Raksasa Bisnis

Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Dua Sisi 2040 

Media Islam Inspiratif

Sajadalife.com