Bab 5. Dunia Bisnis Pengembang Inovasi Teknologi Internet

1. Inovasi Teknologi Internet

 

 

Pertarungan Web Browser

Web Browser boleh dikatakan perang pertama inovasi teknologi internet, pada saat awal internet mulai jadi konsumsi masyarakat umum karena Web Browser adalah software untuk mengakses website.

Web Browser berbeda dengan Search Enggine. Tanpa Search Enggine, kita harus menulis alamat website di Web Browser, misalnya ‘www.trendingbisnis.com’. Sementara pada search enggine, biasanya kita memasukkan kata-kata saja untuk mencari sesuatu di internet, misalnya ‘mengenal e-commerce’ dan mesin pencari akan memberikan berbagai pilihan situs website yang sesuai dengan kata-kata yang kita cari.

Di era 90-an Web Browser di kuasai default Web Browser (yang otomatis terisntall bersama operating sitem). Windows milik Microsoft membawa Internet Explorer (1995), Machintos atau Mac OS milik Apple membawa Netscape Navigator (1990-1997), Cyberdog(1996-1997) yang bukan milik Apple.

 Para startup pengembang inovasi teknologi internet tentunya sulit menggeser default Web Browser milik dua raksasa PC itu. Kemudian di tahun 1997 ternyata Mac Os memilih Internet Expolrer untuk menggantikan Web Browser pendahulunya. Baru di tahun 2003 Mac OS memiliki Web Browser sendiri, yaitu Safari (2003).

Di tahun 2004 Mozilla Firefox berhasil menggeser dominasi Web Browser bawaan OS, tetapi sayangnya di tahun 2008 kehadiran Google Chrome gantian menggeser dominasi Mozilla Firefox. Hingga saat ini Google Chrome menjadi Web Browser pilihan utama 70% pengguna internet desktop dan laptop.

 

Pertarungan Search Enggine

Search Engine adalah software internet untuk melakukan pencarian web, hasil pencarian disajikan dalam hasil baris dan halaman, yang disebut sebagai halaman hasil mesin pencari atau search engine results pages (SERP).

Pertarungan Search Engine yang paling menarik adalah antara Yahoo! dengan Google. Walaupun Yahoo! (1995) pernah jadi yang terbesar di zamannya, tetapi Search Engine sebenarnya hanya sebuah web direktori yang besar karena tidak punya algoritma page rank.

Google (1998) tiba-tiba menantang dengan senjata algoritma page rank, dimana semua website akan ditelusuri oleh robot dan diurutkan berdasarkan penilaian algoritma.

Hingga kini belum ada startup yang bisa menggeser dominasi Search Engine Google, apalagi produk-produk Google lainnya semakin memperkuat eksistensinya mesin pencarinya, seperti Google Chrome, Google Voice, Google Map, Google Translate dan sebagainya

 

 

 

Pertarungan Online Chat

Online Chat adalah software internet untuk percakapan langsung berbasis teks antara pengguna di Internet. Awalnya Online Chat hanya memfasilitasi percakapan teks untuk dua orang, kemudian Online Chat berkembang menjadi sarana percakapan banyak orang, yaitu group dan conference. Dari teks ke audio dan video. Dari komputer ke smartphone.

Pada tahun 1995 kehadiran mIRC membuat para anak muda mulai keranjingan chatting. Kemudian di tahun 1996 ICQ hadir menyaingi mIRC, tapi sayangnya pada tahun 1998 ICQ diakuisisi oleh AOL.

Pada tahun 1998 Yahoo! meluncurkan Yahoo Pager,  yang di tahun 1999 namanya dirubah menjadi Yahoo Messenger. Kehadiran Yahoo Messenger langsung mendominasi Online Chat, termasuk mengalahkan penantangnya MSN Messenger (Windows Live Messenger) yang muncul di tahun yang sama..

Di tahun 2003 Skype hadir dengan senjata fitur video chat dan voice call, serta mampu melibatkan banyak orang (conference). Skype lahir dari perusahaan telekomunikasi, walaupun canggih tetapi belum bisa mendominasi Online Chat. Rupanya kultur chatting adalah percakapan lewat teks, dan ini masih paling digemari hingga sekarang. Justru yang berhasil mendominasi di beberapa negara adalah BBM (BlackBerry Messenger) yang muncul pada tahun 2005.

Kehadiran BBM nantinya membuat banyak perubahan di dunia telekomunikasi dan internet, yaitu SMS tergeser oleh messenger,  chatting melalui komputer tergantikan oleh smartphone.

Masih di tahun 2005 Google menghadirkan Gtalk, tetapi kehadiran produk Google kali ini ditanggapi sepi, karena Blackberry dengan BBM-nya telah membuat dunia menatap era smartphone.

Sayangnya BBM hanya menjadi jembatan, setelah membuat shifting, jutsru WhatsApp (2009) lah yang menikmati hasilnya. Blackberry terlalu lama menjadikan BBM ekslusif hanya untuk penggunanya. Tiba-tiba Android membuat disruption, ia membuat semua telepon genggam menjadi pintar dan membonceng WhatsApp untuk menghajar BBM.

Di era smartphone muncul Kakao Talk (2010) dari Korea Selatan, Line (2011) dari Jepang, WeChat (2011) dari China, Snapchat (2011) dari Amerika Serikat dan sebagainya, tetapi pamornya belum mampu menggeser dominasi WhatsApp hingga kini.

 

 

Pertarungan Media Sosial

Jika tahu berarti anda adalah mantan anak muda di tahun 2003. Di tahun tersebut, munculah Media Sosial yang sangat populer bernama Friendster.

Meskipun didahului oleh beberapa situs jejaring sosial kecil lainnya seperti SixDegrees (1997) dan Makeoutclub (1999), tapi Friendster lebih cepat meraih banyak pengguna dan menjadi sumber inspirasi yang melahirkan produk-produk media sosial terkenal di era berikutnya. Bahkan Google sempat menawarkan USD 30 juta untuk membeli Friendster pada tahun 2003.

Sayangnya zaman keemasan Friendster tidak terlalu lama, di tahun 2004 Facebook muncul, yang nantinya akan menggeser Friendsster sebagai penguasa Media Sosial.

Di tahun 2006 Twitter hadir. Kehadirannya walaupun disambut hangat tetapi tidak mengganggu Facebook. karena pengguna membutuhkan keduanya untuk kebutuhan yang berbeda. Di Facebook, pengguna lebih sering memanfaatkannya untuk mengumpulkan teman-teman lama (friend), sedangkan di Twitter pengguna sering memanfaatkannya untuk mengumpulkan pengikut (follower). Begitu pula saat Instagram hadir di tahun 2010, Instagram walau sekilas tampaknya head to head dengan Twitter dan sama-sama sering digunakan untuk mengumpulkan pengikut, tetapi karakter pengguna utamanya berbeda. Orang-orang yang lebih suka menyampaikan ekspresinya dengan kalimat pendek yang maknanya dalam seperti para politikus, pengamat, motivator, dan sebagainya lebih menyukai Twitter, sementara orang-orang yang lebih suka menyampaikan ekspresinya melalui foto seperti artis, traveler, fotografer, dan sebagainya lebih menyukai Instagram.

 

Masih banyak produk inovasi internet lainnya, seperti

  • Platform Video Sharing, contohnya adalah Youtube, Vimeo, Daily Motion, Twitch, Liveleak, Veoh, Break, Metacafe, dan sebagainya
  • Paltform Musik Digital dan Podcast, contohnya adalah iTunes, Spotify, Joox, Deezer, SoundCloud, dan sebagainya
  • Platform GPS contohnya adalah Google Map, Waze GPS, Maps.Me, HERE WeGO, Bing Maps, OpenStreetMap, Mapquest, dan sebagainya
  • Game, contohnya adalah Counter Strike, Mobile Legend, PUBG, League Of Legends, Minecraft, Dota, slither io, dan sebaginya.
  • CMS (Content Management System ), contohnya adalah WordPress, Magento, Joomla, Drupal, Shopify, Blogger, Weebly, Wix, Hubspot, Moodle, Vbulletin, dan sebagainya.

 

Pertarungan Pengembang Inovasi Teknologi Internet Aplikasi Sederhana.

Tadi kita telah membicarakan para pengembang kelas berat. Saat ini juga ada pengembang yang masih merintis yang melahirkan banyak produk-produk sederhana yang inovatif.

Untungnya Google Play dan Appstore sebagai etalase kelas dunia untuk produk aplikasi smartphone bersedia memberikan tempat baik untuk pengembang besar maupun pengembang kecil untuk memajang produk mereka.

Produk-produk inovasi tersebut adalah Muslim Pro Prayer (Muslim Pro Limited), Kamus Besar Bahasa Indonesia (Mendikbud), Digital Compass (Axiomatic Inc), Real Piano (Kolb Apps), Running Distance (Fitness22), m-Akunting (GeraiSoftware), Tahu Bulat (Own Games) dan sebagainya.

Tetapi jangan salah! Sederhana bukan berarti tidak potensial. Flappy Bird, game sederhana untuk android dan IOS karya Dong Nguyen telah berhasil meraih angka pendapatan USD 50 ribu perhari dari pendapatan iklan, menurut Forbes.com.

 

 

2. Sumber Pendapatan Pengembang Teknologi Internet

  • Iklan

Kebanyakan pengembang inovasi teknologi internet besar mengizinkan produknya dipakai atau di download secara gratis karena mereka mengejar angka pengguna untuk mendapatkan penghasilan dari iklan.

Contohnya adalah hampir semua platform terkenal seperti Google Search Enggine, Youtube, Facebook. Instagram, dan sebagainya.

 

  • Premium Member

Untuk mendapat penghasilan tambahan selain dari iklan, pengembang inovasi teknologi internet juga menambahkan fitur khusus untuk pengguna berbayar yang tidak diberikan pada pengguna biasa.

 

  • Penjualan atau Download

Pengembang membuat aplikasi download berbayar untuk pengguna yang ingin memiliki fitur lengkap atau bebas iklan.

 

  • Pesanan Pembuatan

Pengembang membuat aplikasi berdasarkan pesanan perusahaan.

 

Buku Bisnis Online - Ecommerce | Era Bisnis Online - Anak Muda vs Raksasa Bisnis (penulis, Indra Wibawa)

Trendingbisnis.com - Informasi Bisnis Online