Bab 3. Mengintip Dapur Para Startup

2. Startup Indonesia

 

Tokopedia 

William Tanuwijaya, Founder Tokopedia | Sumber gambar, tokopedia.com

 

Sejarah Singkat Tokopedia

Tokopedia didirikan pada tahun 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Ide awalnya datang dari William Tanuwijaya, ia berkenalan dan jatuh cinta dengan dunia internet saat bekerja sambilan di warnet, waktu itu ia masih menjadi mahasiswa Bina Nusantara. Setelah lulus, ia bekerja di perusahaan pengembang software, di sana ia mulai bercita-cita ingin memiliki perusahaan internet sendiri. Ide membangun Tokopedia muncul di tahun 2007, saat William bekerja di sebuah forum jual-beli, ia tergugah karena sering terjadi penipuan di internet. Akhirnya William menceritakan idenya pada atasannya untuk mencari pemodal dan atasannya merekomendasikan beberapa koleganya, tetapi ternyata tidak ada yang tertarik dengan ide tersebut, karena William tidak punya pengalaman bisnis dan belum ada contoh bisnis sejenis yang sukses di Indonesia. Setelah 2 tahun mentok, akhirnya atasannya sendiri yang memberikan modal awal sebesar 10% lalu disusul investor-investor lokal lainnya. Tokopedia akhirnya berdiri di tahun 2009.

Pada awal bulan berdirinya Tokopedia berhasil menggandeng 509 merchant dengan 4560 member, Jumlah tersebut terus bertambah hingga pada ulang tahun pertamanya di tahun 2010 Tokopedia menggaet 4659 merchant dengan 44785 member. Dalam 1 tahun jumlah transaksi awal bulan berdirinya hanya Rp 33 juta melejit hingga Rp 5.954 miliar. Limit harga produk naik dari Rp 9,99 juta menjadi Rp 25 juta, limit transaksi naik dari Rp 15 juta menjadi Rp 40 juta.

Investor kuat akhirnya melirik Tokopedia. East Ventures (2010), CyberAgent Ventures (2011), Beenos (2012), dan SoftBank (2013). Di tahun 2014 Tokopedia mendapat suntikan dana besar senilai USD 100 juta dari SoftBank dan Sequoia Capital.

Di tahun 2017 Tokopedia mendapat suntikan dana besar senilai USD 1,1 miliar dari Alibaba Grup, investasi ini membuat Tokopedia menyandang gelar unicorn.

 

Pengembangan Bisnis Tokopedia

1. Marketplace

2. Fintech

3. Logistik dan Fulfillment

Sistem logistik dan fulfillment yang terintegrasi dengan gudang pintar yang berlokasi di seluruh Indonesia.

 

Buku Bisnis Online - Ecommerce | Era Bisnis Online - Anak Muda vs Raksasa Bisnis (penulis, Indra Wibawa)

Trendingbisnis.com - Informasi Bisnis Online