Untuk memutus penyebaran virus Corona atau Covid-19, pemerintah di berbagai negara membuat kebijakan agar setiap orang tetap berada di rumah, sehingga kita telah sering mendengar istilah Work from home, school from home dan sebagainya.

Kondisi ini tentu saja membuat kebutuhan internet meningkat. Berbagai kantor berusaha tetap melakukan aktivitasnya melalui online atau internet. Begitu pula sekolah, para guru tetap memberikan materi pelajaran dan tugas-tugas sekolah melalui internet. Aktivitas Ojol pun kini terlihat lebih banyak mengantarkan barang ketimbang orang sehingga bisa di katakan internet kini menjadi jalur paling ramai.

Tingginya kebutuhan internet membuat kecepatan internet juga melambat. Bahkan Kualitas Layanan video on-demand (VoD) Netflix mengurangi konsumsi bandwidth-nya sampai 25%. Pengurangan konsumsi bandwidth pun berpengaruh terhadap kualitas video Netflix. Dari 4K Ultra High Definition (HD) dan High Definition (HD) menjadi Standard Definition (SD). Begitu pula Amazon dann YouTube,bedanya mereka memberikan streaming bit rate yang lebih rendah daripada mengurangi resolusi gambar untuk mengatasi internet yang melambat.

Hal ini tentunya harus mendapat perhatian pula bagi pemerintah Indonesia. Butuh perhatian khusus pada internet yang telah menjadi jalur utama saat masyarakat dianjurkan untuk selalu berada di rumah.


Pemerintah Malaysia dan Iran menyediakan akses internet gratis selama pandemi virus corona atau Covid-19 berlangsung agar masyarakat betah di rumah. Perdana Menteri Muhyiddin Yassin menyediakan akses internet gratis untuk rakyat Malaysia hingga lockdown selesai. Menteri komunikasi dan informasi Iran juga memberikan layanan internet gratis di rumah sampai akhir tahun.

 

 Trendingbisnis.com - Media Bisnis Online 


Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Menyusuri Waktu 

Temukan di Google Play Book Buku Penting Untuk Semua Pebisnis

Era Bisnis Online - Anak Muda vs Raksasa Bisnis

Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Dua Sisi 2040 

Media Islam Inspiratif

Sajadalife.com