Saat ini menurut riset IDC Research tahun 2017, smartphone Samsung yang masih menjadi raja pasar dengan angka 21,7%. Untuk urutan kedua juga masih dipegang oleh Apple dengan angka 14,7%.

Jika hanya melihat angka akhir pada tahun sekarang, kedua brand smartphone tersebut tentu masih belum tertandingi oleh serangan smartphon asal China. Tetapi saat dibandingkan dengan angka pertumbuhan mulai dari tahun 2013, rupanya kedua raja pasar smartphone tersebut sedang mengalami penurunan.

Brand image produk dari China yang murah yang sering menjadi kendala untuk diterima pasar, karena kekuatiran kualitas produknya juga murahan, perlahan sudah mulai bergeser. Produk smartphone asal negara tirai bambu tersebut kini semakin diminati karena memiliki desain yang tak kalah dari kedua brand pemimpin pasar tersebut, apalagi dengan bandrol harga sangat terjangkau. Dengan nominal yang setara, konsumen akan mendapat spesifikasi yang lebih tinggi.

Riset tersebut juga menunjukkan, bahwa sejak tahun 2013, angka pertumbuhan penjualan Smartphone Samsung menurun 940 basis poin (bps), Apple menurun 30 bps.

 

Data dari Smartphone Yang Kini Menjadi Pemimpin Pasar 


1. Samsung meraih perolehan pasar 21,7% dengan angka pertumbuhan turun 940 bps
2. Apple meraih perolehan pasar 14,7% dengan angka pertumbuhan turun 30 bps
3. Huawei meraih perolehan pasar 10,5% dengan angka pertumbuhan naik 570 bps
4. Oppo meraih perolehan pasar 7,6% dengan angka pertumbuhan naik 640 bps
5. Xiaomi meraih perolehan pasar 6,3% dengan angka pertumbuhan naik 450 bps
7. Vivo meraih perolehan pasar 6% dengan angka pertumbuhan naik 380 bps

 

Bagaimana dengan di Indonesia? Saat ini smartphone China telah menguasai 31% pasar smartphone di Indonesia? Bahkan International Data Corporation (IDC) juga mencatat pada bulan Juli 2017 silam, 7,3 juta unit smartphone China telah berlabuh di Indonesia.

 

TRENDINGBISNIS 
Media Informasi dan Inspirasi Bisnis Online Indonesia 

 


NEWS

 

Trend Iklan Dengan Teknnologi Augmented Reality dan Virtual Reality

Teknologi AR dan VR kini menjadi medan perang baru bagi bisnis perusahaan-perusahaan besar. Facebook, Google dan Microsoft sudah bertarung memperebutkan iklan pada area ini. Menurut kabar Reuters, Facebook sedang melakukan ujicoba iklan Augmented Reality (AR) di News Feed bersama sejumlah brand terpilih.

.

Read more ...

 

Gurita E-Commerce, Monopoli atau Inovasi?

Trend e-commerce saat ini, Sebuah startup akan menjalankan ketiga hal, yaitu Platform marketplace, Financial Services dan Logistik. Walaupun awalnya mereka memulai dari salah satunya.

Read more ...

 

Youtube Lebih Dari TV, Yakin?

Menurut riset Nielsen, di Tahun 2017, secara gross, pertumbuhan belanja iklan media (televisi, cetak, dan radio) tetap tumbuh, yaitu naik 8% atau senilai Rp 145 triliun. Namun, jika dibanding dengan tahun sebelumnya yang bisa mencapai angka pertumbuhan 20%, angka tadi merupakan penurunan.

Read more ...

 

Trend Belanja Online Tahun Depan - Kembali Ke Offline

Saat para retailer konvensional beramai-ramai migrasi ke ranah Online di Indonesia. Di belahan dunia lain, para pelaku e-commerce malah mengisi kelesuan dunia retail konvensional dengan hadir menggunakan formula baru, "Smart Store" atau Toko Pintar.

Read more ...

 

Inilah Trending Bisnis Online 2018

Jika peta persaingan dunia e-commerce global dikerucutkan, maka yang berada pada posisi paling atas akan dihuni oleh Alibaba dan Amazon. Walaupun keduanya bersaing di perang e-commerce global, sebenarnya keduanya memiliki area medan tempur (pasar) yang berbeda, walaupun ada beberapa tempat, dimana mereka harus bertempur berhadap-hadapan.

Read more ...

KNOWLEDGE

 

Mengenal E-Commerce dan Jenisnya di Indonesia

E-commerce adalah electronic commerce, yaitu segala kegiatan komersial (perdagangan meliputi barang dan jasa) yang dilakukan melalui jaringan elektronik atau internet.

Read more ...

 

Mengenal Fintech dan Jenisnya di Indonesia

Fintech adalah sebuah singkatan kata financial dan technology’, yang dapat diartikan sebagai sebuah inovasi di dalam bidang jasa keuangan yang menggunakan teknologi.

Read more ...

 

Mengenal Sharing Economy

Sharing Economy adalah Kegiatan ekonomi yang dilakukan para startup dengan memanfaatkan sumber-sumber menganggur, yang belum terpakai secara ekonomis atau belum terkelola secara maksimal untuk saling bekerjasama.

Read more ...

INPIRASI

 

Ekspansi GO-JEK, Indonesia Menjadi Penguasa Pasar di Asia Tenggara

 

Saat ini Go-Jek tengah mempersiapkan diri untuk keluar kandang memasuki pasar Asia Tenggara. Rencananya Go-Jek akan hadir di Vietnam, Thailand, Singapura dan Filipina. Untuk itu Go-Jek terus berkoordinasi dengan pemerintah negara-negara tersebut untuk memastikan kesiapan operasionalnya.

Read more ...