Konferensi developer tahunan Google tahun ini akan menyediakan sesi mendalam untuk membangun situs web, mobile dan aplikasi untuk teknologi web terbuka seperti Android, Google Chrome, Google API, App Engine dan lain sebagainya. Event ini akan diadakan di Mountain View, California, Amerika Serikat mulai tanggal 8 sampai 10 Mei 2018. Berikut adalah 7 hal yang diperkirakan akan rilis di Google I/O tahun ini.

 

1. Android P

Google meluncurkan pratinjau pengembang Android P pertama pada bulan Maret lalu dan publik berharap akan dirilis pada event teknologi I/O tahun ini.

Setelah Android Nougat, Google muncul dengan Android Oreo yang baru dirilis tahun 2017 lalu. Namun dalam perhelatan I/O kali ini, banyak yang mengekspektasikan bahwa Google akan merilis Android P versi Beta sebagai pembaharuan dari Android O.

Tampaknya, pendekatan terbaru Google dalam Android P ini lebih terfokus pada peningkatan desain antarmuka. Beberapa sumber juga mengatakan bahwa Android P akan menggabungkan beberapa desain gerakan iPhone X dari Apple. Versi ini akan memberikan pengaturan privasi yang lebih rinci kepada pengguna dan menyederhanakan kegunaan menu.


2. Google Home

Speaker pintar Google bernama Google Home sudah menawarkan berbagai fitur menarik seperti mengingatkan jadwal, menyalakan alarm, memutar musik, bertindak seperti asisten cerdas tiap pengguna, Home Mini serta Home Max. Mengingat Google telah secara agresif memperluas ketersediaan produk Google Home ini, sepertinya Google tidak akan meluncurkan produk dengan nama baru melainkan pembaharuan atau pengembangan fitur yang sudah ada


3. Update baru Google Assistant

Sedangkan untuk asisten virtual atau Google Assistant, telah mendapat beberapa pembaruan sebelumnya dengan menambah puluhan bahasa di dalamnya. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna melakukan beberapa hal dalam satu perintah suara. Kemungkinan, Google mengumumkan lebih banyak fungsi yang bisa Assistant lakukan di I/O 2018.


4. Android TV Dongle

Google diperkirakan akan meluncurkan pemutar TV android yang dapat dikontrol dengan suara. Meskipun Google jelas tidak memproduksi ini sendiri, namun dongle akan hadir menggunakan remote dengan simbol “G” pada tombolnya. Dongle menggunakan HDMI 2, dan dilengkapi dengan kabel USB yang bisa terhubung langsung ke TV. Spesifikasi lain yang disebut-sebut akan hadir adalah prosesor Amilogic S905X, RAM 2GB, dan 8GB eMMC untuk menyimpan aplikasi dan game.


5. Fitur-fitur baru di Google Photos

Tahun lalu, Google menambahkan suggested sharing, shared libraries dan photo books pada Google Photos. Jadi kemungkinan tahun ini perusahaan akan meningkatkan aplikasi penyimpanan foto yang lebih optimal dan menarik seperti GIF, konten video berdurasi pendek dan pembuatan montase.


6. Wear OS

Empat tahun setelah meluncurkan Android Wear, Google mengubah namanya menjadi Wear OS yang artinya Andorid Wear sudah tidak ada lagi. Perangkat lunak smartwatch yang memiliki slogan Make Every Minute Matter ini akan dibuat lebih pintar dan kontekstual. Akan ada beberapa pembaharuan dalam produk Google satu ini.

Ada smart suggestion dimana kamu dapat mengajukan pertanyaan dan Google Assistant yang akan menjawabnya. Contohnya cuaca besok sampai cuaca di minggu yang akan datang bisa kamu tanyakan. Kamu juga bisa mendengar jawaban dari pertanyaan yang kamu ajukan melalui pengeras suara jam tangan atau headphone bluetooth. Pengguna akan dimanjakan dengan lebih banyak fungsi dari smartwatch ini.

 

TRENDINGBISNIS 
Media Informasi dan Inspirasi Bisnis Online Indonesia 


NEWS

 

Trend Iklan Dengan Teknnologi Augmented Reality dan Virtual Reality

Teknologi AR dan VR kini menjadi medan perang baru bagi bisnis perusahaan-perusahaan besar. Facebook, Google dan Microsoft sudah bertarung memperebutkan iklan pada area ini. Menurut kabar Reuters, Facebook sedang melakukan ujicoba iklan Augmented Reality (AR) di News Feed bersama sejumlah brand terpilih.

.

Read more ...

 

Gurita E-Commerce, Monopoli atau Inovasi?

Trend e-commerce saat ini, Sebuah startup akan menjalankan ketiga hal, yaitu Platform marketplace, Financial Services dan Logistik. Walaupun awalnya mereka memulai dari salah satunya.

Read more ...

 

Youtube Lebih Dari TV, Yakin?

Menurut riset Nielsen, di Tahun 2017, secara gross, pertumbuhan belanja iklan media (televisi, cetak, dan radio) tetap tumbuh, yaitu naik 8% atau senilai Rp 145 triliun. Namun, jika dibanding dengan tahun sebelumnya yang bisa mencapai angka pertumbuhan 20%, angka tadi merupakan penurunan.

Read more ...

 

Trend Belanja Online Tahun Depan - Kembali Ke Offline

Saat para retailer konvensional beramai-ramai migrasi ke ranah Online di Indonesia. Di belahan dunia lain, para pelaku e-commerce malah mengisi kelesuan dunia retail konvensional dengan hadir menggunakan formula baru, "Smart Store" atau Toko Pintar.

Read more ...

 

Inilah Trending Bisnis Online 2018

Jika peta persaingan dunia e-commerce global dikerucutkan, maka yang berada pada posisi paling atas akan dihuni oleh Alibaba dan Amazon. Walaupun keduanya bersaing di perang e-commerce global, sebenarnya keduanya memiliki area medan tempur (pasar) yang berbeda, walaupun ada beberapa tempat, dimana mereka harus bertempur berhadap-hadapan.

Read more ...

KNOWLEDGE

 

Mengenal E-Commerce dan Jenisnya di Indonesia

E-commerce adalah electronic commerce, yaitu segala kegiatan komersial (perdagangan meliputi barang dan jasa) yang dilakukan melalui jaringan elektronik atau internet.

Read more ...

 

Mengenal Fintech dan Jenisnya di Indonesia

Fintech adalah sebuah singkatan kata financial dan technology’, yang dapat diartikan sebagai sebuah inovasi di dalam bidang jasa keuangan yang menggunakan teknologi.

Read more ...

 

Mengenal Sharing Economy

Sharing Economy adalah Kegiatan ekonomi yang dilakukan para startup dengan memanfaatkan sumber-sumber menganggur, yang belum terpakai secara ekonomis atau belum terkelola secara maksimal untuk saling bekerjasama.

Read more ...

INPIRASI

 

Ekspansi GO-JEK, Indonesia Menjadi Penguasa Pasar di Asia Tenggara

 

Saat ini Go-Jek tengah mempersiapkan diri untuk keluar kandang memasuki pasar Asia Tenggara. Rencananya Go-Jek akan hadir di Vietnam, Thailand, Singapura dan Filipina. Untuk itu Go-Jek terus berkoordinasi dengan pemerintah negara-negara tersebut untuk memastikan kesiapan operasionalnya.

Read more ...