Saat ini kiprah Alibaba Group di Indonesia lebih memilih jurus mendukung pemain lokal lewat investasi dan kerja sama strategis. Brian Wong, Vice President Alibaba Group, mengatakan bahwa pasar e-commerce di Indonesia memiliki keunikan tersendiri sehingga Alibaba Group tidak ingin mendirikan Alibaba di Indonesia. Strategi ini terlihat pada langkah akuisisi Lazada oleh Alibaba.

Memang kehadiran Alibaba dan Aliexpress versi Indonesia ternyata belum terlalu menggugah Pasar e-commerce di Indonesia. Pasar Indonesia masih lebih nyaman dengan Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya, yang mungkin dianggap perusahaan lokal atau masih perusahaan lokal yang lebih memahami karakter pasarnya sendiri.

Pada bulan April 2016, Alibaba Group telah berinvestasi senilai US$ 1 miliar (sekitar Rp 13,7 triliun) sehingga menguasai 51% saham Lazada. Kemudian pada Juni 2017, Alibaba Group kembali berinvestasi dengan jumlah yang sama sehingga kini Alibaba Group telah menguasai 83% saham Lazada. Pada bulan maret 2018, Alibabagroup sudah semakin kuat posisinya karena menambah lagi investasinya sebesar US$ 2 miliar (sekitar Rp 27,5 triliun).

 

Dengan telah kuatnya posisinya di Lazada, Alibaba pun melakukan langkah-langkah berikut :

1. Barang-barang Tao Bao milik Alibaba Group kini telah dijual di Lazada. Barang-barang tersebut dikurasi oleh Lazada untuk menghadirkan berbagai macam pilihan baru demi menjawab kebutuhan gaya hidup pelanggan Indonesia.

2. Ant Financial milik Alibaba Group telah bergabung dengan HelloPay Group, perusahaan layanan pembayaran di Lazada, dimana kemudian berganti nama menjadi Alipay Indonesia.


3. Pada tahun 2017, Tokopedia mendapatkan komitmen investasi sebesar USD1.1 miliar. Putaran pendanaan tersebut dipimpin oleh Alibaba Group dengan partisipasi dari pemegang saham Tokopedia lainnya.

Alibaba Group bukan satu-satunya perusahaan yang berkontribusi pada investasi senilai USD1.1 miliar tersebut. Saat ini, Alibaba Group hanya merupakan pemegang saham minoritas Tokopedia.


4. Ant Financial juga berinvestasi pada Ascend Money, induk perusahaan True Money.


5. Ant Financial juga melakukan kerjasama mengembangkan sebuah platform mobile baru untuk pembayaran dan layanan keuangan lainnya. Produk usaha bersama tersebut dinamakan DANA, platform yang menyediakan solusi nyaman, aman, dan efisien untuk transaksi non-tunai, baik online maupun offline untuk pelanggan Indonesia.


6. Alibaba Group bekerjasama dengan perusahaan logistik indonesiaJ&T, kerjasama Alibaba Group dan J&T tersebut untuk menjangkau UMKM lokal di Indonesia.


7. Aliexpress milik Alibaba Group, juga telah beroperasi di Indonesia. AliExpress adalah pasar ritel global yang memungkinkan pelanggan dari seluruh dunia, termasuk dari Indonesia, untuk membeli produk laungsung dari produsen dan distributor di China.

AliExpress tidak beroperasi di Indonesia atau memiliki perwakilan di Indonesia. Namun, masyarakat Indonesia dapat mengakses dan melakukan transaksi di AliExpress sejak platform tersebut diluncurkan pada tahun 2010.

 

* Sebagai catatan, informasi-informasi ini telah mendapat koreksi dari Eveline Isnaini dari Maverick (Konsultan untuk Alibaba Group), demi memberikan  informasi yang akurat tentang kegiatan Alibaba Group di Indonesia.  

 

TRENDINGBISNIS
Media Informasi dan Inspirasi Bisnis Online Indonesia

 

 


NEWS

 

Trend Iklan Dengan Teknnologi Augmented Reality dan Virtual Reality

Teknologi AR dan VR kini menjadi medan perang baru bagi bisnis perusahaan-perusahaan besar. Facebook, Google dan Microsoft sudah bertarung memperebutkan iklan pada area ini. Menurut kabar Reuters, Facebook sedang melakukan ujicoba iklan Augmented Reality (AR) di News Feed bersama sejumlah brand terpilih.

.

Read more ...

 

Gurita E-Commerce, Monopoli atau Inovasi?

Trend e-commerce saat ini, Sebuah startup akan menjalankan ketiga hal, yaitu Platform marketplace, Financial Services dan Logistik. Walaupun awalnya mereka memulai dari salah satunya.

Read more ...

 

Youtube Lebih Dari TV, Yakin?

Menurut riset Nielsen, di Tahun 2017, secara gross, pertumbuhan belanja iklan media (televisi, cetak, dan radio) tetap tumbuh, yaitu naik 8% atau senilai Rp 145 triliun. Namun, jika dibanding dengan tahun sebelumnya yang bisa mencapai angka pertumbuhan 20%, angka tadi merupakan penurunan.

Read more ...

 

Trend Belanja Online Tahun Depan - Kembali Ke Offline

Saat para retailer konvensional beramai-ramai migrasi ke ranah Online di Indonesia. Di belahan dunia lain, para pelaku e-commerce malah mengisi kelesuan dunia retail konvensional dengan hadir menggunakan formula baru, "Smart Store" atau Toko Pintar.

Read more ...

 

Inilah Trending Bisnis Online 2018

Jika peta persaingan dunia e-commerce global dikerucutkan, maka yang berada pada posisi paling atas akan dihuni oleh Alibaba dan Amazon. Walaupun keduanya bersaing di perang e-commerce global, sebenarnya keduanya memiliki area medan tempur (pasar) yang berbeda, walaupun ada beberapa tempat, dimana mereka harus bertempur berhadap-hadapan.

Read more ...

KNOWLEDGE

 

Mengenal E-Commerce dan Jenisnya di Indonesia

E-commerce adalah electronic commerce, yaitu segala kegiatan komersial (perdagangan meliputi barang dan jasa) yang dilakukan melalui jaringan elektronik atau internet.

Read more ...

 

Mengenal Fintech dan Jenisnya di Indonesia

Fintech adalah sebuah singkatan kata financial dan technology’, yang dapat diartikan sebagai sebuah inovasi di dalam bidang jasa keuangan yang menggunakan teknologi.

Read more ...

 

Mengenal Sharing Economy

Sharing Economy adalah Kegiatan ekonomi yang dilakukan para startup dengan memanfaatkan sumber-sumber menganggur, yang belum terpakai secara ekonomis atau belum terkelola secara maksimal untuk saling bekerjasama.

Read more ...

INPIRASI

 

Ekspansi GO-JEK, Indonesia Menjadi Penguasa Pasar di Asia Tenggara

 

Saat ini Go-Jek tengah mempersiapkan diri untuk keluar kandang memasuki pasar Asia Tenggara. Rencananya Go-Jek akan hadir di Vietnam, Thailand, Singapura dan Filipina. Untuk itu Go-Jek terus berkoordinasi dengan pemerintah negara-negara tersebut untuk memastikan kesiapan operasionalnya.

Read more ...