Bisnis secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu kegiatan menjual barang atau memberikan jasa untuk mendapat keuntungan ekonomi. Kegiatan ini juga sering disebut dengan wiraswasta atau wirausaha.

Saat ini bisnis online atau kegiatan bisnis yang dilakukan melalui teknologi digital atau jaringan internet sedang menjadi trend bisnis.

Bahkan bisnis online seringkali menghajar bisnis konvensional. Ini terjadi karena bisnis online memang mempunyai banyak keunggulan, diantaranya yaitu :


1. Tidak Membutuhkan Tempat Usaha Yang Besar.

Dalam skala bisnis kecil, bahkan tempat sama sekali tidak dibutuhkan. Seorang pebisnis online dapat menjalankan bisnisnya di kedai kopi, sambil bekerja di kantor hingga sambil menjalankan peran sebagai ibu rumah tangga.

Pebisnis online cukup menjual barang melalui perangkat sosial media atau mendaftarkan diri sebagai pedagang pada e-commerce marketplace seperti tokopedia, bukalapak dan sebagainya tanpa perlu punya gerai khusus untuk menanti pembeli.

Bahkan yang lebih canggih lagi, penjual barang tersebut bisa pula cukup menjadi makelar atau dropshipper, yaitu cukup memiliki foto, spesifikasi dari pemilik barang yang sesungguhnya, kemudian menjualnya dengan harga yang lebih tinggi untuk mendapat keuntungan.


2. Jangkauan Pasar Yang Sangat Luas

Dengan menjalankan bisnis online, maka jangkauan pasarnya adalah seluruh wilayah yang mampu mengakses toko online anda. Artinya kita memiliki target wilayah pasar di seluruh Indonesia yang memiliki akses internet.
Bahkan seluruh dunia, jika toko anda menggunakan Bahasa Inggris, yang merupakan salah satu bahasa standar internasional.

Tentu saja dalam praktek sesungguhnya, anda juga harus memiliki kemampuan khusus agar toko anda menjadi pilihan toko yang direkomendasikan oleh mesin pencari seperti Google, mengingat anda bukan satu-satunya toko online yang berdagang di dunia maya.

Tetapi hal ini tentu sudah sangat membantu jika dibandingkan anda memiliki gerai fisik, dimana target pasar anda hanyalah para pembeli yang bisa mampir secara fisik pula pada toko anda.


3. Tidak Membutuhkan Modal Yang Besar

Tentunya dengan menjalankan bisnis online, maka ada banyak pengeluaran yang bisa diminimalkan, seperti biaya sewa tempat, biaya listrik, pembelian etalase, dekorasi, cetak brosur hingga pungutan liar. 

Dengan berbagai keunggulan tersebut maka bisnis online menjadi trending bisnis yang kini sangat diminati. Terutama untuk mereka yang punya kendala modal. Tentu saja tidak semua jenis bisnis cocok untuk dijalankan secara online, salah satu contohnya adalah bisnis kuliner. Bisnis kuliner secara fisik masih lebih menguntungkan jika dibandingkan dilakukan secara online, mengingat orang tentu lebih suka makanan yang disajikan secara fresh.

Fasilitas online dalam bisnis kuliner saat ini lebih dimanfaatkan untuk melakukan pemesanan yang tentunya lokasinya tidak bisa terlalu jauh dari tempat membuatnya, kecuali jika yang dijual adalah makanan kering atau sekedar bahan makanan.

 


Tips Trending Bisnis Untuk Pedagang Online

Sebagaimana penjelasan diatas tadi, kini sedang ramai orang berjualan yang memanfaatkan media sosial hingga e-commerce marketplace untuk berdagang pakaian, sepatu, aksesoris, elektronik dan sebagainya.

 

 1   Melalui Media Sosial

Saat berdagang melalui media sosial, kuncinya adalah memperoleh sebanyak-banyaknya follower, kreatif dan aktif.

Jumlah follower akan menentukan besar-kecilnya target pasar anda. Kreativitas adalah hal yang membuat orang-orang yang menjadi target pasar anda mau menjadi follower anda dan frekuensi aktifitas anda akan membangun trust, dimana anda harus menjawab secara cepat, baik masalah pemesanan, pujian, komentar negatif, komplen dan sebagainya yang sering dijadikan sandaran informasi bagi konsumen untuk mengambil keputusan.

Saat ini media sosial yang menjadi senjata ampuh para pebisnis onlie adalah Facebook dan Instagram.

 

 2   Melalui E-commerce Marketplace C2C

Saat berdagang melalui e-commerce marketplace, anda seperti berdagang di Mall atau di pasar, dimana anda bukan satu-satunya pemilik toko. Pembeli sangat mudah membandingkan harga antar toko. Anda harus memliki harga yang kompetitif.

Setelah membandingkan harga, pembeli akan meencari penjelasan atau deskripsi barang yang paling informatif. Buatlah selengkap mungkin, seperti informasi mengenai material, ukuran, berat, warna, spesifikasi dan sebagainya.

Tampilkan foto-foto yang cukup bisa membuat seolah-olah pembeli dapat melihat barang secara langsung, bila memungkinkan tampilkan juga dalam bentuk video.

Dan yang tidak kalah penting adalah aktivitas anda. Ini juga akan membangun trust sebagaimana melalui media sosial. Pembeli akan melihat reputasi, komentar, pujian, komplen dan sebagainya untuk mengambil keputusan.

Anda dapat menjadi pedagang online e-commerce marketplace C2C melalui Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan sebagainya.


 3   Melalui Website Toko Online Sendiri

Memliki website sendiri tentunya anda tidak harus bersaing dengan pedagang-pedagang lain dalam satu wadah sebagaimana E-commerce Marketplace C2C yang bisa kita sebut Mall atau pasar. Karena milik sendiri, bentuk toko, jenis barang, pemilihan metode pembayaran hingga pengiriman tentunya semuanya terserah pemilik website tersebut. Hal ini akan membuat anda leluasa mengatur toko online anda sendiri.

Kunci keberhasilannya, tentunya setelah anda mampu membuat website toko online milik anda sendiri adalah website anda harus menjadi rekomendasi utama pada mesin pencari seperti google. Toko anda juga harus menjadi Brand pilihan konsumen. Artinya anda harus memiliki kemampuan membesarkan Brand.

Contoh website toko online seperti ini adalah Zalora untuk kategori toko online fashion, Hijup untuk kategori toko online fashion muslimah, Bhinneka untuk kategoti toko online elektronik dan sebagainya. 

 

TRENDINGBISNIS
Media Informasi dan Inspirasi Bisnis Online Indonesia


NEWS

 

Langkah Bisnis Pemerintah Malaysia Dengan Alibaba

Kehadiran raksasa e-commerce global asal China di kawasan Asia Tenggara tentunya dapat dilihat dari dua perspektif. Pertama adalah sebagai ancaman dan bisa juga sebagai peluang. Akan dipandang sebagai ancaman karena ketidaksiapan kita untuk bersaing, apalagi yang dihadapi bukanlah main-main, bahkan kehadiran para raksasa tersebut merupakan lawan yang terlalu kuat untuk pemain e-commerce global dari Amerika Serikat dan Negara-negara di Eropa. 

Read more ...

 

Kelebihan dan Kekurangan Sosial Media, Mana yang Tepat Untuk Anda?

Saat ini telah banyak pilihan media sosial. Ternyata masing-masing media sosial memiliki keunggulan dan kelemahan. Tidak semua media sosial cocok untuk kebutuhan kita. Mana yang tepat untuk anda?

Read more ...

 

Ramadhan Membawa Berkah Lonjakan Transaksi Bagi Pelaku E-Commerce

Mulai sejak bulan ramadhan hingga menuju lebaran, masyarakat Indonesia akan menjadi lebih konsumtif. Pada awal bulan puasa, Trend belanja yang paling mengalami lonjakan adalah makanan dan minuman. Sementara saat mendekati lebaran, selain makanan dan minuman, belanja kebutuhan fashion lah yang ikut mengalami peningkatan.

Read more ...

 

Smartphone China Siap Menggusur Samsung dan Apple

Brand image produk dari China yang murah yang sering menjadi kendala untuk diterima pasar, karena kekuatiran kualitas produknya juga murahan, perlahan sudah mulai bergeser.

Read more ...

 

Muslim Go Aplikasi Islami Pertama Dengan Sertifikasi Kemenag RI

Muslim Go adalah aplikasi mobile menyediakan berbagai macam layanan yang dibutuhkan oleh kalangan Muslim di Indonesia. Muslim Go hadir dengan fitur untuk penunjuk dan pengingat waktu shalat, Al-Qur’an digital, kalender islam, arah kiblat, mencari masjid terdekat serta restoran halal dan sebagainya.

Read more ...

KNOWLEDGE

 

Mengenal E-Commerce dan Jenisnya di Indonesia

E-commerce adalah electronic commerce, yaitu segala kegiatan komersial (perdagangan meliputi barang dan jasa) yang dilakukan melalui jaringan elektronik atau internet.

Read more ...

 

Mengenal Fintech dan Jenisnya di Indonesia

Fintech adalah sebuah singkatan kata financial dan technology’, yang dapat diartikan sebagai sebuah inovasi di dalam bidang jasa keuangan yang menggunakan teknologi.

Read more ...

 

Mengenal Sharing Economy

Sharing Economy adalah Kegiatan ekonomi yang dilakukan para startup dengan memanfaatkan sumber-sumber menganggur, yang belum terpakai secara ekonomis atau belum terkelola secara maksimal untuk saling bekerjasama.

Read more ...

 

Trending Bisnis Pedagang Online 

Jumlah follower akan menentukan besar-kecilnya target pasar anda. Kreativitas adalah hal yang membuat orang-orang yang menjadi target pasar anda mau menjadi follower anda dan frekuensi aktifitas anda akan membangun trust.

Read more ...

INPIRASI

 

Ekspansi GO-JEK, Indonesia Menjadi Penguasa Pasar di Asia Tenggara

 

Saat ini Go-Jek tengah mempersiapkan diri untuk keluar kandang memasuki pasar Asia Tenggara. Rencananya Go-Jek akan hadir di Vietnam, Thailand, Singapura dan Filipina. Untuk itu Go-Jek terus berkoordinasi dengan pemerintah negara-negara tersebut untuk memastikan kesiapan operasionalnya.

Read more ...