Mengenal E-commerce

E-commerce adalah electronic commerce, yaitu segala kegiatan komersial (perdagangan meliputi barang dan jasa) yang dilakukan melalui jaringan elektronik atau internet.


E-commerce memiliki bermacam-macam jenis, platform E-commerce yang umum di Indonesia adalah :

1. E-commerce B2B (Business to Business)
2. E-commerce B2C (Business to Consumer)
3. E-commerce C2C (Consumer to Consumer)

 


 1   E-commerce B2B (Business to Business)

E-commerce B2B merupkan jenis E-commerce yang memfasilitasi perusahaan e-commerce itu sendiri untuk berhubungan dengan perusahaan lainnya atau mempertemukan antar perusahaan pelaku bisnis.

Contohnya adalah indotrading, indonetwork dan sebagainya

 

 

 2   E-commerce B2C (Business to Consumer)

E-commerce B2C merupkan jenis E-commerce yang memfasilitasi perusahaan e-commerce itu sendiri untuk berhubungan langsung dengan konsumennya.

E-commerce B2C ini juga memiliki berbagaimacam bentuk, yaitu :

 

2.1. Mainstream Platform

Adalah perusahaan e-commerce yang menjual langsung kepada konsumennya berbagai macam kategori produk atau jasa.

Contohnya adalah Lazada, Blibli, Elevenia dan sebagainya.

 

2.2. Etalier

Adalah perusahaan e-commerce yang menjual langsung kepada konsumennya produk atau jasa, dimana sebelumnya perusahaan tersebut telah hadir secara fisik di dunia offline sebagai perusahaan retail.

Contohnya adalah Indomart, Transmart Carefour, Electronic City dan sebagainya.

 

2.3. Daily Deals

Adalah perusahaan e-commerce yang menjual langsung kepada konsumennya produk atau jasa dalam bentuk tawaran kupon atau voucher.

Contohnya adalah Groupon, Lakupon, Evoucher dan sebagainya.

 

2.4. Verticals
Adalah perusahaan e-commerce yang menjual langsung kepada konsumennya produk atau jasa yang memiliki kategori khusus.

Contohnya adalah Zalora untuk kategori fashion, Bhinneka untuk kategori elektronik, Traveloka untuk kategori kebutuhan travelling.

 

 

 3  E-commerce C2C (Consumer to Consumer)

E-commerce C2C merupkan jenis E-commerce yang memfasilitasi antara konumen dari perusahaan e-commerce tersebut, yaitu konsemen sebagai penjual dan konsumen sebagai pembeli.

E-commerce C2C ini juga memiliki berbagaimacam bentuk, yaitu :

 

3.1. Marketplace

Adalah perusahaan e-commerce yang memfasilitasi antara konsumen penjual dengan konsumen pembeli, dimana perusahaan e-commerce tersebut terlibat dalam mengamankan transaksi, mulai dari pemesanan, pengiriman hingga pembayaran.

Contohnya adalah Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan sebagainya.

 

3.2. Classified

Adalah perusahaan e-commerce yang hanya memfasilitasi pertemuan antara konsumen penjual dengan konsumen pembeli, dimana perusahaan e-commerce tersebut tidak terlibat dalam kegiatan transaksi.

Contohnya adalah Rumah123, Carmudi, Kaskus dan sebagainya.

 


Selain bentuk E-commerce tadi adapula bentuk-bentuk lain yang berkaitan dengan rantai E-commerce, seperti Payments, Logistics, Marketing dan sebagainya.

 

 4  Payments

Merupakan bentuk jasa keuangan atau pembayaran melalui online

Contohnya adalah Go-Pay, Paytren, KlikBCA dan sebagainya

 

 5  Logistics

Merupakan bentuk jasa pengiriman barang melalui online dan offline (untuk kategori offline bukan termasuk e-commerce tetapi berkaitan erat dengan mata rantai e-commerce)

Contohnya adalah Go-Send, JNE dan sebagainya

 

 6  Marketing

Merupakan unsur lain yang berkaitan dengan e-commerce dalam hal pemasaran online

Contohnya adalah untuk media placement (trendingbisnis, detik, okezone), afiliasi marketing (Taobao, googleadsense, acommerce) dan sebagainya

 

  7  Pendukung E-commerce lainnya

sumber data : ecommerceiq

 

TRENDINGBISNIS 
Media Informasi dan Inspirasi Bisnis Online Indonesia


NEWS

 

Trend Iklan Dengan Teknnologi Augmented Reality dan Virtual Reality

Teknologi AR dan VR kini menjadi medan perang baru bagi bisnis perusahaan-perusahaan besar. Facebook, Google dan Microsoft sudah bertarung memperebutkan iklan pada area ini. Menurut kabar Reuters, Facebook sedang melakukan ujicoba iklan Augmented Reality (AR) di News Feed bersama sejumlah brand terpilih.

.

Read more ...

 

Gurita E-Commerce, Monopoli atau Inovasi?

Trend e-commerce saat ini, Sebuah startup akan menjalankan ketiga hal, yaitu Platform marketplace, Financial Services dan Logistik. Walaupun awalnya mereka memulai dari salah satunya.

Read more ...

 

Youtube Lebih Dari TV, Yakin?

Menurut riset Nielsen, di Tahun 2017, secara gross, pertumbuhan belanja iklan media (televisi, cetak, dan radio) tetap tumbuh, yaitu naik 8% atau senilai Rp 145 triliun. Namun, jika dibanding dengan tahun sebelumnya yang bisa mencapai angka pertumbuhan 20%, angka tadi merupakan penurunan.

Read more ...

 

Trend Belanja Online Tahun Depan - Kembali Ke Offline

Saat para retailer konvensional beramai-ramai migrasi ke ranah Online di Indonesia. Di belahan dunia lain, para pelaku e-commerce malah mengisi kelesuan dunia retail konvensional dengan hadir menggunakan formula baru, "Smart Store" atau Toko Pintar.

Read more ...

 

Inilah Trending Bisnis Online 2018

Jika peta persaingan dunia e-commerce global dikerucutkan, maka yang berada pada posisi paling atas akan dihuni oleh Alibaba dan Amazon. Walaupun keduanya bersaing di perang e-commerce global, sebenarnya keduanya memiliki area medan tempur (pasar) yang berbeda, walaupun ada beberapa tempat, dimana mereka harus bertempur berhadap-hadapan.

Read more ...

KNOWLEDGE

 

Mengenal E-Commerce dan Jenisnya di Indonesia

E-commerce adalah electronic commerce, yaitu segala kegiatan komersial (perdagangan meliputi barang dan jasa) yang dilakukan melalui jaringan elektronik atau internet.

Read more ...

 

Mengenal Fintech dan Jenisnya di Indonesia

Fintech adalah sebuah singkatan kata financial dan technology’, yang dapat diartikan sebagai sebuah inovasi di dalam bidang jasa keuangan yang menggunakan teknologi.

Read more ...

 

Mengenal Sharing Economy

Sharing Economy adalah Kegiatan ekonomi yang dilakukan para startup dengan memanfaatkan sumber-sumber menganggur, yang belum terpakai secara ekonomis atau belum terkelola secara maksimal untuk saling bekerjasama.

Read more ...

INPIRASI

 

Ekspansi GO-JEK, Indonesia Menjadi Penguasa Pasar di Asia Tenggara

 

Saat ini Go-Jek tengah mempersiapkan diri untuk keluar kandang memasuki pasar Asia Tenggara. Rencananya Go-Jek akan hadir di Vietnam, Thailand, Singapura dan Filipina. Untuk itu Go-Jek terus berkoordinasi dengan pemerintah negara-negara tersebut untuk memastikan kesiapan operasionalnya.

Read more ...